Sentimen
Undefined (0%)
17 Agu 2025 : 12.05
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Sukoharjo

Tokoh Terkait

Peringati HUT Kemerdekaan, Murid Sekolah Alam Aminah Sukoharjo Pakai Baju Adat

17 Agu 2025 : 12.05 Views 33

Espos.id Espos.id Jenis Media: Solopos

Peringati HUT Kemerdekaan, Murid Sekolah Alam Aminah Sukoharjo Pakai Baju Adat

Esposin, SUKOHARJO–Sebanyak 115 murid jenjang TK-SD Sekolah Alam Aminah di Desa Jetis, Kecamatan Baki, Sukoharjo, mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Kemerdekaaan Indonesia, Minggu (17/8/2025). Mereka memakai baju adat yang merepresentasikan keragaman budaya bangsa Indonesia.

Pantauan Espos, Minggu, ratusan siswa mulai berdatangan di lokasi upacara sekitar pukul 07.30 WIB. Lokasi upacara di lapangan tepat di belakang Sekolah Alam Aminah, Sukoharjo. Tak hanya para siswa, puluhan guru yang juga memakai baju adat tampak melakukan persiapan upacara Kemerdekaan Indonesia.

Menariknya, beberapa murid  yang mengikuti upacara merupakan anak hiperaktif. Anak hiperaktif mengalami gangguan perkembangan saraf sehingga sulit konsentrasi atau memusatkan perhatian.

“Jumlah siswa yang mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Indonesia sebanyak 115 siswa ditambah 52 guru. Ada beberapa siswa yang merupakan anak hiperkatif dan anak retardasi mental atau anak yang memiliki IQ di bawah 70. Semua memakai baju adat Nusantara,” kata Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Sekolah Alam Aminah, Hasto Daryanto.

Menurut Hasto, mereka diajak terjun langsung ke alam seperti hutan wisata untuk berkemah, membuat kompos, berkebun, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi metode terapi bagi anak hiperaktif dan retardasi mental. 

Alam menjadi sumber belajar utama yang diterapkan di Sekolah Alam Aminah. “Kami ingin membangun generasi muda teladan yang beraklak, cerdas, serta mencintai budaya dan alam. Ini sesuai visi Sekolah Alam Aminah,” ujar dia.

Kurikulum Sekolah Alam Aminah menerapkan kolaborasi kurikulum pendidikan nasional, Kementerian Agama dan kurikulum khusus yang mengacu pada kondisi dan kebutuhan siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan harus adaptif khususnya untuk siswa yang mengalami gangguan konsentrasi dan hiperaktif. 

Saat memberi materi pelajaran dan membimbing siswa, tenaga pendidik dituntut untuk mengajar dengan hati. “Anak hiperaktif dan sejenisnya harus menikmati proses pembelajaran. Misalnya, anak ingin belajar di area parkir kendaraan bermotor. Ya sudah belajar di lokasi itu. Atau ingin belajar di laboratorium hijau atau area outbond maka proses pembelajaran juga di situ,” papar dia.

Ada beragam program unggulan Sekolah Alam Aminah di antaranya program Rumah Al-Quran, laboratorium hijau, outbond, pembelajaran berbasis karya, pengembangan bakat seni dan budaya, hingga enterpreneurship. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai sekolah, yakni religius, energik, berbudaya, dan enterpreneurship. 

 

Sentimen: neutral (0%)