Sentimen
Informasi Tambahan
Agama: Kristen
Brand/Merek: Daihatsu, Suzuki, Wuling
BUMN: Bank Mandiri
Event: Zakat Fitrah
Kab/Kota: Klaten, Madiun, Solo
Tokoh Terkait
Dompet Dhuafa Terus Hadir dengan Beragam Program Pemberdayaan dan Inovasi
Espos.id
Jenis Media: Bisnis
Espos, SOLO — Ajang Solopos Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2025 menjadi panggung prestisius yang menyoroti merek-merek unggulan di Indonesia.
Puncak acara SBBI Awards 2025 digelar pada Jumat (18/7/2025) malam dengan semangat baru, jangkauan yang lebih luas, dan komitmen yang semakin kuat dalam mengapresiasi keunggulan merek.
Tahun ini Dompet Dhuafa, mendapatkan penghargaan sebagai Lembaga Amil Zakat Inovatif disematkan kepada institusi yang terus memperluas akses dan efektivitas penyaluran dana umat melalui pendekatan digital dan komunitas.
Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Ahmad Juwaini, menegaskan arti penghargaan SBBI Awards 2025 bagi Dompet Dhuafa.
“Ini tentu akan memacu kami untuk terus hadir dengan beragam program pemberdayaan dan inovasi yang memudahkan masyarakat mendonasikan kebaikannya. Sebagai Lembaga Amil Zakat (Lembaga Kemanusiaan), kami selalu mendorong peningkatan kinerja dengan terus melakukan inovasi layanan dalam rangka memberikan kemudahan bagi seluruh stakeholder (baik donatur, mustahik/penerima manfaat maupun elemen masyarakat lainnya)," ujar Ahmad Juwaini kepada Espos.
Selain itu, lanjutnya, inovasi yang dilakukan juga diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh amil di Dompet Dhuafa agar senantiasa melakukan perbaikan dalam menjalani aktivitas pelayanan bagi masyarakat.
Mengenai program unggulan dari Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini mengatakan, ada beberapa pilar penting untuk menjalankan program yang ada.
“Program unggulan Dompet Dhuafa terbagi dalam 5 pilar: ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial kemanusiaan, dakwah dan budaya. Tujuan ultimate program Dompet Dhuafa adalah mustahik move to muzaki," ujarnya.
Dia menjelaskan, pada tahun 2024 lalu dari lima pilar program Dompet Dhuafa, mencatatkan penerima manfaat terbanyak ada pada Program Sosial Kemanusiaan yang mencapai 2,7 juta jiwa. Kemudian disusul oleh Program Dakwah dan Budaya sebanyak 314.400 jiwa, Program Kesehatan sebanyak 186.166 jiwa, Program Pendidikan sebanyak 46.211 jiwa dan Program Ekonomi sebanyak 5.804 jiwa.
Disinggung mengenai tantangan yang dihadapi Dompet Dhuafa ke depannya. Ahmad Juwaini mengatakan semua akan bermuara ke kecepatan informasi. Untuk itu, ia mengatakan, saat ini Dompet Dhuafa sedang berfokus ke arah tersebut.
“Tantangan terbesar adalah hal kecepatan penyampaian informasi. Mengingat di era digital semua seakan diharuskan tersaji secara cepat. Maka dalam menghadapi hal tersebut, kami senantiasa menghadirkan sajian data pelaporan program secara cepat dan maksimal. Salah satunya adalah penayangan report kelembagaan melalui situs publikasi.dompetdhuafa.org,” ulasnya.
SBBI Awards 2025 merupakan ajang showcase keberhasilan merek, forum jejaring bisnis, dan platform berbagi inspirasi bagi pelaku usaha dari berbagai skala.
Ajang yang akan dihadiri sejumlah kepala daerah di Soloraya dan Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi ini didukung oleh berbagai partner Solopos Media Group. Di antaranya Kreasi Muda Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), PT Kereta Api Indonesia (KAI), Suzuki R4, Pemprov Jateng, Daihatsu, Pemkab Klaten, Wuling, BCA, Pokky, Pemkot Madiun, Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, Epson, RS JIH Solo, Al Abidin, TCL, dan brand lain-lain.
Sentimen: neutral (0%)