Beli Tiket KA Kini Bisa Dadakan, Hingga 30 Menit Sebelum Berangkat
Espos.id
Jenis Media: Bisnis

Espos.id, JAKARTA - Pembelian tiket kereta api kini tak lagi harus jauh hari. Buat yang mau pergi dengan KA secara mendadak, mereka bisa membeli tiket KA hingga setidaknya 30 menit sebelum jadwal pemberangkatannya.
Hal ini menjadi langkah PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan kemudahan layanan demi fleksibilitas bagi penumpang yang harus melakukan perjalanan secara spontan. “Kini, pemesanan tiket KA antar-kota dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sedangkan untuk KA perkotaan hingga 10 menit sebelum keberangkatan,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, di Jakarta, Kamis (10/7/2025).
"Kebijakannya berlaku mulai hari ini, Kamis. KAI menghadirkan kemudahan baru bagi pelanggan dalam memesan tiket kereta api," ujarnya.
Ia menuturkan hal itu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI dan situs https://booking.kai.id hingga mendekati waktu keberangkatan kereta yang sebelumnya maksimal 1 jam sebelum keberangkatan.
Penyesuaian ini berlaku untuk seluruh pemesanan yang dilakukan secara digital melalui aplikasi Access by KAI dan situs web booking.kai.id.
Pelanggan yang belum memperbarui aplikasinya dapat segera melakukan pembaruan ke versi minimal 6.12.1 untuk Android dan 6.13.0 untuk iOS agar dapat menikmati fitur terbaru ini.
Selain itu, untuk memperkuat akurasi data dan keamanan perjalanan, seluruh penumpang Warga Negara Indonesia (WNI) wajib mengisi data diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), termasuk bagi penumpang infant.
Sementara penumpang Warga Negara Asing (WNA) wajib mengisi data dengan nomor identitas yang tercantum dalam paspor.
Aplikasi Access by KAI juga kini mendukung pembelian tiket dengan tarif khusus/go show, yang bisa dilakukan mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, selama tempat duduk masih tersedia. "Hal ini memberikan alternatif menarik bagi pelanggan yang ingin bepergian secara lebih hemat," tutur Anne.
KAI terus mendorong masyarakat untuk beralih ke layanan digital yang lebih cepat, praktis, dan aman. Dengan fitur pemesanan tiket yang semakin fleksibel, KAI berharap dapat menjawab kebutuhan mobilitas pelanggan yang terus berkembang.
Ia menegaskan transformasi digital terus dilakukan pihaknya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. "Fitur ini menjadi salah satu upaya KAI dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, efisien, dan sesuai dengan ritme kehidupan modern yang serba mendadak,” kata Anne.
Sentimen: neutral (0%)