Sentimen
Undefined (0%)
8 Jul 2025 : 09.16
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Solo, Yogyakarta

Semester I 2025, Penumpang Commuter Line Yogyakarta Meningkat 17%

8 Jul 2025 : 09.16 Views 14

Espos.id Espos.id Jenis Media: Ekonomi

Semester I 2025, Penumpang Commuter Line Yogyakarta Meningkat 17%

Esposin, SOLO —  KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mencatat pertumbuhan jumlah pengguna Commuter Line di wilayah tersebut sekitar 17% selama periode semester pertama 2025. Total ada lebih dari 4,9 juta orang memanfaatkan layanan transportasi tersebut dalam satu semester. 

Dari data yang ada, total volume pengguna Commuter Line selama periode tersebut sebanyak 4.961.139 orang. Jumlah tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan periode semester pertama 2024 yang mencapai 4.240.316 orang.

Capaian volume penumpang pada semester pertama tahun 2025 ini terdiri dari pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur dan Commuter Line Prameks. Untuk pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur mencapai 4.413.690 orang atau naik 17,25% dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 3.764.314 orang. Sedangkan pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 547.449 orang, atau naik 15% dari tahun lalu yang mencapai 476.002 orang.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, mengatakan peningkatan volume pengguna tersebut mencerminkan semakin berpengaruhnya transportasi Commuter Line sebagai pilihan utama masyarakat di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Serta pengguna dari luar wilayah yang berkunjung ke Yogyakarta maupun Solo. 

“Di Yogyakarta, Commuter Line sudah menjadi transportasi andalan bagi masyarakat di sana atau pengunjung luar daerah. Selain karena kelebihan dari sisi tarif yang sangat terjangkau semua kalangan, lebih aman, nyaman. Di sisi lain, juga terbukti mengurangi kepadatan di jalan raya hingga mengurangi tingkat polusi,” kata Joni dalam siaran pers, Senin (7/7/2025). 

Menurut Joni, hingga Juni 2025, tercatat Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun pemberangkatan dengan volume terbanyak. Di mana terdapat sekitar 7.117 orang pada hari kerja dan sekitar 9.298 orang pada hari libur atau akhir pekan. Sedangkan untuk kedatangan di Stasiun Yogyakarta, tercatat sebanyak 6.017 orang pada hari kerja dan sebanyak 8.913 orang pada hari libur dan akhir pekan.

Sementara Stasiun Solo Balapan, pada Juni 2025 mencatat volume pengguna Commuter Line yang naik di stasiun ini sebanyak 2.361 orang pada hari kerja dan sebanyak 3.309 orang pada akhir pekan. Untuk kedatangan, pada hari kerja tercatat 2.596 orang yang turun, dan sebanyak 3.493 orang pada hari libur.

Di sisi lain, untuk layanan Commuter Line Prameks, Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun pemberangkatan dengan volume tertinggi, yaitu sebanyak 1.096 orang yang naik pada hari kerja dan sebanyak 3.309 orang pada akhir pekan. Sedangkan volume kedatangan di Stasiun Kutoarjo tercatat sebanyak 2.596 orang pada hari kerja dan sebanyak 3.493 orang pada akhir pekan.

Menurutnya data tersebut juga menggambarkan layanan Commuter Line yang ada di wilayah Yogyakarta, Solo, dan Kutoarjo memiliki peran penting dalam simpul moda transportasi. Selain terintegrasi dengan kereta api (KA) jarak jauh, layanan Commuter Line juga terintegrasi dengan transportasi darat lainnya yang memudahkan masyarakat untuk bermobilisasi.

Selain peningkatan volume pengguna, pada semester pertama 2025 juga tercatat adanya peningkatan layanan pengguna Commuter Line. Di antaranya telah dilakukannya pelebaran dan penambahan fasilitas layanan di ruang tunggu Stasiun Yogyakarta. Selain itu, KAI Commuter juga menambah fasilitas musala dan toilet di berbagai stasiun Commuter Line.

“KAI Commuter juga terus mengupayakan berbagai langkah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan mengintegrasikan layanan Commuter Line dengan moda transportasi lainnya,” lanjut Joni.
KAI Commuter menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menjadikan Commuter Line sebagai bagian dari gaya hidup dalam menggunakan transportasi.

"Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” kata Joni. 

Sentimen: neutral (0%)