Sentimen
Undefined (0%)
1 Jul 2025 : 16.25
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Solo

Tokoh Terkait
Budi Santoso

Budi Santoso

Alfamart Punya 2.000 Toko di Filipina, Dorong Ekspansi Produk Indonesia

1 Jul 2025 : 16.25 Views 49

Espos.id Espos.id Jenis Media: Ekonomi

Alfamart Punya 2.000 Toko di Filipina, Dorong Ekspansi Produk Indonesia

Esposin, SOLO—Selain memiliki lebih dari 20.000 gerai di Tanah Air, Alfamart juga memiliki gerai di luar negeri, tepatnya di Filipina. Alfamart berharap bisa terus melakukan ekspansi ke mancanegara.

Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Budi Santoso, mengatakan saat ini Alfamart telah memiliki 2.000 lebih gerai di Filipina.

“Alfamart sudah ada di Filipina. Di sana ada 2.000-an toko. Alfamart ini satu-satunya minimarket Indonesia yang ekspansi ke luar negeri,” ujarnya saat ditemui wartawan di Solo, beberapa waktu lalu.

Budi berharap pihaknya mampu menambah jumlah toko di Filipina, bahkan berekspansi ke negara lain untuk mengembangkan bisnis, sekaligus menambah peluang ekspor produk Indonesia. 

“Ya semoga nanti bisa ekspansi ke negara lain,” imbuhnya.

Dikutip dari laman alfamart.co.id, Selasa (1/7/2025), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) meresmikan gerai ke-2000 di Filipina, tepatnya di Ciudad De San Jose, Sta. Rosa, Laguna Philippines pada bulan Juli 2024. Alfamart sendiri mulai berekspansi di Filipina sejak 2014.

International Business and Technology Director Alfamart, Bambang Setyawan Djojo, mengatakan Alfamart mampu berkembang cukup pesat di Filipina karena kultur belanja masyarakatnya yang menjanjikan, potensi usaha yang terbuka luas, suplai produk yang terjamin hingga dukungan pemerintah setempat terhadap investasi usaha.

Selain itu, dengan menawarkan konsep minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, kenyamanan belanja dan harga yang relatif terjangkau semakin menarik hati konsumen Filipina untuk berbelanja di Alfamart.

“Pengetahuan, pengalaman dan keahlian kami dalam mengelola usaha ritel modern di Indonesia juga menjadi bekal dan fondasi penting yang kami gunakan di Filipina. Sehingga kami pun lebih siap dalam mengembangkan usaha,” ujarnya.

Suplai produk-produk ke 2.000 gerai tersebut, disokong oleh lima kantor cabang dan gudang (Distribution Center) yakni di Silang, Marilao, Mexico, Calamba, dan Sariaya.

Alfamart pun berkontribusi dengan memperkerjakan 12.500 karyawan lokal dan 24 tenaga kerja Indonesia di beberapa posisi strategis.

Alfamart Filipina juga turut membawa merek produk asli Indonesia untuk disediakan di rak pajang. Ini merupakan salah satu strategi Alfamart dalam mengenalkan produk Indonesia ke pasar internasional.

Merek populer di Indonesia mulai dari mi instan, roti, makanan dan minuman ringan tersedia di sana.

"Harapannya, ada semakin banyak produk lokal dalam negeri yang bisa kita dorong untuk lebih maju dengan ekspansi kita di luar negeri," pungkas Bambang.

Sentimen: neutral (0%)