Sentimen
Undefined (0%)
23 Jun 2025 : 16.56
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Yamaha

Kab/Kota: Klaten, Semarang, Solo, Ungaran

Yamaha Aerox Diakui Sebagai Sepeda Motor Matic Paling Mudah Dimodifikasi

23 Jun 2025 : 16.56 Views 10

Espos.id Espos.id Jenis Media: Otomotif

Yamaha Aerox Diakui Sebagai Sepeda Motor Matic Paling Mudah Dimodifikasi

Esposin, SOLO – Yamaha Aerox adalah sepeda motor matic stylish dan powerfull yang membuatnya menjadi motor favorit anak muda. Memang, dengan desain yang sporty dan mesin bertenaga, Yamaha Aerox menawarkan kombinasi antara gaya dan performa yang mudah dimodifikasi.

Artinya, sepeda motor ini tidak hanya memanjakan mata dengan tampilannya yang elegan, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Salah satu kelebihan Yamaha Aerox adalah mudah banget dimodifikasi. Banyak pemilik Yamaha Aerox yang melakukan modifikasi ringan hingga ekstrem untuk menyempurnakan penampilan dan performa motor mereka sesuai selera.

Kustomisasi yang sangat luas dalam modifikasi Yamaha Aerox membuat pemilik bisa mengekspresikan diri sambil menikmati pengalaman berkendara yang lebih personal.

Andika Achmad Syaid, warga Banyumanik, Kota Semarang, mengaku telah jatuh cinta dengan Yamaha Aerox karena desainnya yang sangat sporty dan cocok sekali untuk kalangan muda.

“Menurut saya desain Yamaha Aerox sangat sporty, cocok banget untuk anak muda,” ujarnya kepada Espos, Kamis (19/6/2025).

Untuk menyempurnakan penampilan skuter premium Yamaha tersebut, ia memberikan sentuhan ringan antara lain pada bagian kaki-kaki dan knalpot.

Pemilik Yamaha Aerox Alpha varian standar ini pun men-downsize shockbreaker depan menjadi 6 cm lebih pendek. Pekerjaan ini ia pasrahkan ke sebuah bengkel kepercayaannya di Ungaran.

Sedangkan pada shockbreaker belakang, ia mengganti organ bawaan dengan shockbreaker tabung ukuran 280.

Yamaha Aerox Alpha yang telah dimodifikasi milik Andika Achmad Syaid, 26, warga Banyumanik, Semarang.

Velg variasi ukuran 14 inci warna silver polish pada motornya dibalut dengan ban baru ukuran 90/80 untuk roda depan dan ban ukuran 100/80 untuk roda belakang. Alhasil, Yamaha Aerox Alpha hasil modifikasi ini terlihat lebih padat, sesuai keinginannya.

Agar penampilan lebih ciamik lagi, Andika menambah 6 cm jarak sumbu roda depan dan belakang melalui pemasangan mounting custom. Sedangkan di bagian pembuangan ia memasang knalpot WRC.

Dengan modifikasi yang tidak banyak, Yamaha Aerox milik Andika nyatanya bisa tampil beda. Ini menunjukkan Yamaha Aerox merupakan sepeda motor matic yang paling mudah dimodifikasi.

“Modifikasi yang saya lakukan ini sebenarnya masih rata-rata tapi sudah kelihatan banget bedanya. Sebagian spare part variasi saya beli online di marketplace dan tinggal dibawa ke bengkel suruh dipasang, beres,” kata Andika yang meminang Yamaha Aerox Alpha pada Mei 2025 ini.

Terpisah, Asyam Yafi, 18, salah sata pengguna Yamaha Aerox asal Delanggu, Kabupaten Klaten, mengakui bahwa Yamaha Aerox memang punya tampilan yang menarik. Inilah yang membuatnya sangat tertarik untuk memilikinya.

Yafi yang kini baru lulus SMA ini pun akhirnya bisa memiliki Yamaha Aerox generasi kedua pada 2024.

“Pas mau beli motor, saya memang ingin motor yang terlihat beda. Nah menurut saya, Yamaha Aerox ini beda. Secara desain sangat sporty dan cocok banget buat saya yang masih muda. Untuk saya sendiri paling suka bagian depan yang desainnya lancip-lancip dan garisnya tegas,” ujarnya.

Yafi mengakui Yamaha Aerox merupakan sepeda motor yang sangat mudah dimodifikasi. Bahkan dengan sentuhan sedikit saja, Yamaha Aerox bisa langsung terlihat keren maksimal.

Oleh sebab itu, ia memodifikasi cukup dengan menurunkan kaki-kaki dan mengganti ban agar motor Yamaha Aerox ini terlihat lebih padat. 

“Untuk Yamaha Aerox ini mudah banget untuk dimodifikasi. Cuma nurunin shockbreaker sama ganti ban saja sudah keren,” imbuhnya.

Untuk mewujudkannya, ia mengganti shockbreaker belakang RCB yang lebih rendah. Sedangkan shockbreaker depan tetap menggunakan bawaan pabrik tapi hanya direndahkan maksimal.

“Kalau punya saya shockbreaker belakang pakai RCB, saya turunin dari 305 jadi 280. Shockbreaker depan masih standar pabrik tapi saya mentokin ke bawah. Ban depan pakai ukuran 80/90 dan ban belakang 100/80,” imbuh penganut style Ogah Jinjit (ceper) ini.

Untuk menyempurnakan look atau tampilan, menurutnya sparepart Yamaha Aerox juga banyak sekali untuk memenuhinya. Sehingga pemilik tak perlu bingung jika ingin ganti-ganti sparepart sesuai yang diinginkan.

Sparepart banyak banget. Tinggal tempel ganteng pokoknya. Seperti stiker, saya beli di [toko] online terus dipasang teman saya,” imbuh Yafi.

Selain mudah dimodifikasi, Yamaha Aerox Alpha unggul dalam beberapa aspek lain, terutama dalam hal teknologi dan performa.

Sepeda motor matic yang mudah untuk mendapatkan sentuhan modifikasi ini menggunakan teknologi transmisi canggih dari Yamaha, yaitu Yamaha Electric CVT (YECVT). Sistem transmisi baru ini memberikan respons akselerasi yang lebih spontan dan responsif.

Yamaha Aerox Alpha juga memiliki fitur Y-Shift yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur rasio transmisi sesuai dengan kebutuhan serta memberikan fleksibilitas berkendara. Belum lagi mesin berkapasitas 155cc Yamaha Aerox Alpha sangat bertenaga serta memberikan akselerasi yang lincah dan responsif. 

Desain agresif dan sporty, dengan garis-garis tajam yang memancarkan aura sporty di Yamaha Aerox Alpha bahkan sudah memberikan kesan keren sebelum mendapatkan sentuhan modifikasi. Selain itu, Yamaha Aerox Alpha juga menawarkan berbagai fitur canggih, seperti lampu LED, layar multi information display (MID) full digital, dan sistem pengisian daya USB.

Sepeda motor matic yang mudah mendapatkan sentuhan modifikasi ini tersedia dalam empat pilihan, yaitu Standard, Cybercity, "TURBO", dan "TURBO" Ultimate. Untuk on the road (OTR) Jawa Tengah, Yamaha Aerox Alpha Standart dibanderol Rp31 juta, Yamaha Aerox Alpha Cybercity RP35,2 juta, Yamaha Aerox Alpha Turbo Rp40,8 juta, dan Yamaha Aerox Alpha Turbo Tltimate Rp43 juta.

Sentimen: neutral (0%)