Sentimen
Undefined (0%)
17 Mei 2025 : 13.08
Informasi Tambahan

Grup Musik: APRIL

Tokoh Terkait

KAI Targetkan Layanan PSO atau Kereta Subsidi Gaet 18,7 Juta Pengguna di 2025

17 Mei 2025 : 13.08 Views 2

Espos.id Espos.id Jenis Media: Ekonomi

KAI Targetkan Layanan PSO atau Kereta Subsidi Gaet 18,7 Juta Pengguna di 2025

Esposin, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan volume pelanggan Kereta Api Public Service Obligation (PSO) atau layanan kereta bersubsidi pada 2025 mencapai 18.772.516 pengguna.

"Target tersebut terdiri atas 11.525.805 pelanggan untuk layanan KA Jarak Jauh atau KAJJ dan 7.246.711 pelanggan untuk KA lokal atau jarak dekat," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu (17/5/2025) dilansir Antara.

Dia menyampaikan, program itu merupakan bagian dari kebijakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dalam menjamin tersedianya transportasi publik yang merata, aman, dan terjangkau di seluruh Indonesia.

Ia menyebutkan pada periode Januari hingga April 2025, volume pelanggan KA PSO telah mencapai 5.788.555 pelanggan, atau sebesar 97,25 persen dari target Januari-April yang ditetapkan sebesar 5.952.111 pelanggan.

“Ini menunjukkan bahwa layanan PSO mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat. Tingkat ketercapaian yang tinggi pada empat bulan pertama tahun ini menunjukkan bahwa kebijakan subsidi ini tepat sasaran dan dibutuhkan,” ujar Anne.

Ia merinci volume pelanggan PSO Januari-April 2025 pada KA Jarak Jauh mencapai 3.756.486 pelanggan, melampaui dari target yang ditetapkan pada periode tersebut yakni 3.611.417 pelanggan (104 persen).

Tingkat volume yang melebihi 100 persen dapat terjadi dalam layanan kereta api yang memiliki pola perjalanan fleksibel. Satu kursi bisa digunakan oleh lebih dari satu penumpang karena penumpang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan.

Sementara itu, realisasi PSO pada KA Lokal/Jarak Dekat yakni 2.032.069 pelanggan dari target 2.340.694 pelanggan, atau sekitar 86,8 persen ketercapaian.

"Dengan hampir 6 juta pelanggan PSO dalam empat bulan pertama, KAI optimistis dapat mencapai target tahunan 18,7 juta pelanggan yang diberikan pemerintah," tutur Anne.

Dia menambahkan, KAI akan terus berupaya menjaga kualitas layanan PSO agar tetap andal, tepat waktu, dan terjangkau. KAI juga terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan transportasi publik yang inklusif dan berkelanjutan.

Sentimen: neutral (0%)