Sentimen
Positif (50%)
8 Mar 2025 : 08.16
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Senayan, Setiabudi

Kasus: kecelakaan

Tokoh Terkait

Animo Wisatawan Meningkat, Bisnis Asuransi Perjalanan Bergeliat - Halaman all

8 Mar 2025 : 08.16 Views 2

Tribunnews.com Tribunnews.com Jenis Media: Ekonomi

Animo Wisatawan Meningkat, Bisnis Asuransi Perjalanan Bergeliat - Halaman all

 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisnis pariwisata domestik dan luar negeri menunjukkan pertumbuhan menggembirakan.

Merujuk pada statistik data perjalanan 2024, jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan domestik pada tahun 2024, mencapai 920 juta atau meningkat 22 persen.

Adapun perjalanan ke luar negeri tercatat sebanyak 8,13 juta perjalanan atau naik sebesar 18 persen.

Kenaikan ini rupanya dibarengi dengan tingkat kesadaran akan pentingnya perlindungan selama perjalanan, khususnya untuk mengantisipasi kejadian tak terduga seperti keterlambatan penerbangan, kecelakaan, atau situasi darurat medis.

Hal itu diungkapkan President Director PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) Sancoyo Setiabudi saat membuka acara Travel Agent Kick Off 2025 bertajuk “Growing Stronger Together” di The Terrace Senayan Avenue, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Kenaikan ini pula, kata dia, yang mendorong pihaknya untuk gencar menjalin kerja sama dengan berbagai agen perjalanan.

"Kami berkomitmen penuh untuk mendukung bisnis perjalanan melalui asuransi perjalanan," kata dia, dikutip Sabtu (8/3/2025).

Bergeliatnya bisnis asusansi perjalanan dibuktikan TMI dengan raihan kemitraan dengan lebih dari 80 agen perjalanan dan mengklaim punya lebih dari 200 ribu pelanggan aktif.

Selain itu, papar Sancoyo, pihaknya juga telah memproses 655 ribu klaim dengan total klaim yang dibayarkan mencapai Rp 1,15 triliun.

Atas capaian tersebut, kata dia pihaknya yang mulai beroperasi tahun 1975 dan memasuki usia emasnya yang ke-50, bisa mencatat premi bruto sebesar Rp2,3 triliun, tumbuh 3,1 persen year on year pada Desember 2024.

Gandeng Startup dan Maskapai

Memanfaatkan momentum peningkatan kesadaran penggunaan asuransi perjalanan, TMI dijelaskan, juga telah menjalin kemitraan dengan OPSIGO, sebuah perusahaan rintisan di bidang Travel Technology.

Ahmad Khomaini, Head of Affinity & Financial Institution TMI, menambahkan, selain itu pihaknya kami juga sudah bekerja sama dengan All Nippon Airways (ANA), di mana pelanggan dapat membeli asuransi perjalanan TMI melalui situs web ANA.

“Kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak terkait di industri perjalanan. Saat ini,  secara berkesinambungan, kami juga menyelenggarakan berbagai kegiatan kolaborasi dengan para agen perjalanan dan mitra bisnis untuk memberikan literasi bagi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Ahmad menambahkan kalau pihaknya akan mengembangkan fitur khusus untuk menangani klaim asuransi perjalanan.

"Dengan penambahan fitur ini, pelanggan dapat mengajukan klaim asuransi secara online dengan mudah dan praktis, cukup dengan mengunggah dokumen pendukung klaim. Selain itu status klaim juga dapat dipantau secara real-time," paparnya.

Adapun Djoko Mulyono, Head of Product Development TMI, menyebutkan strategi lain yang dilakukan pihaknya dalam memaksimalkan peluang kenaikan animo perjalanan wisatawan.

Satu di antaranya dengan fitur  kemudahan proses klaim yang dapat dilakukan di mana saja. Contohnya, klaim untuk keterlambatan kurang dari 4 jam, jaminan asuransi tambahan selama 24 jam (setelah tercover 24 jam sebelumnya), dan lainnya.

"Jangkauan asuransi ini berlaku di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada, dan kami juga terdaftar sebagai asuransi perjalanan untuk negara-negara Schengen, yang mencakup jaminan atas kondisi medis yang sudah ada sebelum perjalanan," kata dia.

Inovasi baru lain, kata dia, antara lain adalah perluasan visa dan Benefit Missed Event, yang memungkinkan penggantian tiket acara yang tidak dapat dihadiri. Sebagai catatan, seluruh manfaat dan cakupan tersebut tunduk pada syarat dan ketentuan polis.

Sentimen: positif (50%)