Sentimen
Positif (100%)
4 Feb 2025 : 22.59
Tokoh Terkait

Rel Terdampak Banjir Grobogan Kini Bisa Dilewati, tapi Masih Satu Jalur

4 Feb 2025 : 22.59 Views 15

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Rel Terdampak Banjir Grobogan Kini Bisa Dilewati, tapi Masih Satu Jalur

Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah membuka kembali satu jalur rel yang terdampak banjir di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan.

Keberhasilan ini tak lepas dari berbagai upaya perbaikan dan serangkaian uji coba dengan Kereta Perawatan Jalan Rel (KPJR) serta lokomotif secara bertahap dari 5 km/jam hingga 30 km/jam.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan jalur hulu kini telah dapat dilalui oleh kereta api dengan kecepatan terbatas. Dia menerangkan hal ini merupakan hasil kerja keras tim teknis KAI yang terdiri dari Tim Jalan Rel dan Jembatan (JJ) serta Tim Safety Inspector.

"Keselamatan tetap menjadi prioritas utama KAI dalam proses pemulihan jalur ini. Kami terus melakukan pemantauan dan evaluasi untuk memastikan jalur tetap aman untuk dilalui," ujar Anne dalam keterangannya tertulis Selasa (4/2/2025).

Anne menerangkan sebagai tahap awal, KA Airlangga (KA 272) menjadi kereta pertama yang melintas di jalur hulu setelah pemulihan, tepat pada pukul 17.53 WIB.

Sementara itu, jalur hilir masih dalam proses perbaikan dan uji coba serta diharapkan dapat kembali beroperasi pada malam ini. KA Harina (KA 95) dijadwalkan menjadi kereta pertama yang melintasi jalur hilir setelah uji coba berhasil dilakukan.

"Progres ini juga merupakan hasil dari kolaborasi KAI bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), serta pemerintah daerah untuk membangun tanggul dan struktur pengamanan guna mengantisipasi potensi banjir susulan. Sejak Senin (27/1), pembangunan temporary bridge juga telah dilakukan sebagai solusi darurat guna mempercepat pemulihan jalur yang terdampak," tambah Anne.

Pihaknya mengapresiasi kesabaran dan pengertian pelanggan selama masa pemulihan ini. Anne mengatakan, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan layanan transportasi kereta api dan memastikan perjalanan tetap aman, nyaman, serta tepat waktu bagi pelanggan.

"Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal perjalanan atau opsi pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan KAI121 melalui media sosial, email [email protected], dan WhatsApp KAI121 di 0811-1211-1121," imbuh Anne.

(hns/hns)

Sentimen: positif (100%)