Sentimen
Positif (100%)
25 Des 2024 : 11.52
Tokoh Terkait

Menteri PANRB dan Menkomdigi pastikan layanan publik tetap jalan saat Nataru

25 Des 2024 : 11.52 Views 14

Antaranews.com Antaranews.com Jenis Media: Politik

Menteri PANRB dan Menkomdigi pastikan layanan publik tetap jalan saat Nataru

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini melakukan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid dengan salah satu pembahasannya adalah proses pelayanan publik tetap berjalan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

Selain itu, kedua menteri juga mendiskusikan tentang cara masyarakat melaporkan pelayanan publik yang tidak berjalan selama periode libur Natal dan tahun baru (Nataru).

"Kementerian PANRB telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 06 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Melalui surat tersebut, kita mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah tetap melaksanakan pelayanan publik, meski libur Nataru," kata Rini dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Rini meminta instansi pemerintah melalui organisasi penyelenggara pelayanan publik dapat menjamin bahwa pelayanan publik esensial tetap tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat, termasuk layanan kesehatan, transportasi, keamanan, dan lainnya.

Oleh karena itu, para pimpinan instansi diminta selektif memberikan cuti tahunan dengan mempertimbangkan beban kerja, sifat, dan karakteristik tugas serta jumlah pegawai dari instansi pemberi layanan. Cuti tentunya tetap diprioritaskan untuk pegawai yang merayakan Natal.

. Kemkomdigi cek layanan telekomunikasi jelang libur akhir tahun

. MenPANRB terbitkan SE agar pelayanan publik berjalan selama Nataru

Sementara bagi layanan yang memberlakukan ketentuan jam kerja bergilir atau shift, Rini mengimbau untuk diatur kembali jam layanan agar tidak mengganggu pelayanan dan memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.

Instansi pemerintah juga diminta untuk secara aktif membuka akses kanal pengaduan melalui LAPOR! (www.lapor.go.id), kanal aduan tatap muka, dan media lainnya dalam menampung aspirasi masyarakat di masa libur Nataru.

Rini meminta seluruh instansi pemerintah memberikan informasi kepada masyarakat apabila ada perubahan jadwal atau cara mengakses layanan selama masa libur Nataru.

Dengan imbauan ini, dia berharap masyarakat tetap dilayani dengan baik dan merasakan kenyamanan terhadap layanan meski sedang menikmati liburan, dan perayaan Natal dan tahun baru.

. Menteri PANRB: Keberhasilan negara juga diukur dari layanan publiknya

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Meutya Hafid menyampaikan bahwa presiden menugaskan para menteri untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik selama Nataru.

Kemudian mengenai arus liburan Nataru yang harus dijalankan dengan aman dan lancar, Meutya meminta masyarakat dapat menyampaikan aduan jika menemukan pelayanan publik yang tidak beroperasi saat Nataru.

Masyarakat juga dapat mengadukan pelayanan di lingkup Kementerian Komdigi yang tidak berjalan optimal, melalui layanan informasi @pmt.komdigi.

"Kami ditugaskan hal yang sama untuk memastikan bahwa baik layanan publik ataupun kenyamanan masyarakat di dalam menghadapi libur Natal dan tahun baru itu dijaminkan untuk dapat berjalan dengan lancar. Begitu perintah presiden kepada kami semua," ujar Meutya.

. BNPP pastikan pelayanan publik di PLBN terpadu berjalan selama Nataru

. Layanan paspor tetap buka saat Natal khusus untuk keadaan mendesak

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Sentimen: positif (100%)