Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Tangerang
Tokoh Terkait
Antisipasi Lonjakan Penumpang Nataru, InJourney Airports Buka Bandara 24 Jam
Jurnas.com Jenis Media: News
Aliyudin Sofyan | Selasa, 17/12/2024 21:19 WIB
(Kiri ke Kanan) General Manager Soekarno Hatta, Dwi Ananda; CEO Region API, Agus Haryadi; Direktur Operasi PT Angkasa Pura Indonesia, Wendo Asrul Rose; Kepala Kantor Bandar Udara Wilayah 1 Ditjen Hubud Kemenhub, Putu Eka Cahyadi. Foto: jurnas.
JAKARTA, Jurnas.com – PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports akan membuka layanan 37 bandara yang dikelolanya selama 24 jam penuh untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).
Demikian disampaikan Direktur Operasi PT Angkasa Pura Indonesia, Wendo Asrul Rose dalam konferensi pers di Gedung InJourney Airport Center Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (17/12/2024).
“Seluruh bandara yang kita kelola, 37 bandara ini standby operasi 24 jam,” ujar Wendo.
Ia memprediksi puncak pemberangkatan angkutan udara Nataru terjadi pada Jumat (20/12/2024). Sedangkan puncak arus baliknya diperkirakan terjadi pada Sabtu (4/1/2025).
Wendo juga memperkirakan jumlah penumpang angkutan udara selama masa angkutan Nataru mencapai 5.871.408 orang, meningkat sebanyak 6% dibanding Nataru tahun 2023.
“Untuk melayani penumpang di masa angkutan Nataru, kami akan menurunkan 15.939 personel, terdiri dari 12.151 personel internal API dan 3.788 personel eksternal seperti dari BMKG, TNI, Polri, imigrasi, bea cukai, dan karantina,” ujarnya.
Selain mengerahkan belasan ribu personel, Angkasa Pura Indonesia juga akan membuka tiga posko yang berada di kantor pusat untuk memantau pergerakan penumpang dan kargo di 37 bandara yang dikelolanya.
"Posko nasional kami di Terminal 1B akan fokus pada monitoring pelayanan di seluruh bandara, sedangkan Posko di AIC akan menangani pengelolaan informasi dan data operasional," ujar Wendo.
Ketiga posko tersebut mulai beroperasi pada 18 Desember 2024 hingga 15 Januari 2025.
"Kami juga menyediakan web posko, contact center, dan informasi di media sosial agar penumpang dapat mengakses informasi dengan mudah," imbuhnya.
KEYWORD :
API InJourney Airports Nataru Bandara
Sentimen: netral (87.7%)