Sentimen
Informasi Tambahan
Institusi: UIN
Kab/Kota: Sukoharjo
24 Artikel Mahasiswa dan Dosen UIN Surakarta Masuk ke Jurnal Bereputasi
Espos.id
Jenis Media: News
![24 Artikel Mahasiswa dan Dosen UIN Surakarta Masuk ke Jurnal Bereputasi](https://imgcdn.espos.id/@espos/images/2024/12/20241217211545-9adfabe9-4e6d-48c0-a7fc-89cb87be2a4c.jpeg?quality=60)
Esposin, SUKOHARJO -- Program Studi Sastra Inggris Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta kembali mencetak prestasi melalui ajang Submit Jurnal Bareng (SUBAR) 2024 bertema #WritingTogetherWritingStronger. Acara tahunan ini sukses menginspirasi dan melibatkan mahasiswa serta dosen dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Total 20 artikel mahasiswa dan 4 artikel dosen berhasil diajukan ke jurnal bereputasi, mencerminkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.
Mendorong Budaya Menulis Ilmiah
SUBAR dirancang untuk mengasah keterampilan menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Inisiatif ini hadir sebagai solusi atas tantangan yang sering dihadapi mahasiswa dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka. Dengan dukungan penuh dari dosen pembimbing, program ini memfasilitasi kolaborasi produktif yang menghasilkan karya ilmiah berkualitas.
Dosen pembimbing, Dr. SF. Luthfie Arguby Purnomo, M.Hum., mengapresiasi kolaborasi yang terjalin selama proses bimbingan. “Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras semua pihak yang terlibat, baik dosen maupun mahasiswa,” ungkapnya.
Ia berharap semangat ini terus terjaga untuk mendorong capaian yang lebih besar di masa depan.
Dukungan Penuh dari Pimpinan Prodi
Koordinator Program Studi Sastra Inggris, Robith Khoiril Umam, M.Hum., menekankan pentingnya komitmen kolektif dalam mencetak karya ilmiah. Ia mengapresiasi peningkatan reputasi program studi yang terus berkembang meskipun berada di tengah persaingan ketat di lingkungan pendidikan nasional.
Dekan Fakultas Adab dan Bahasa, Prof. Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd., menegaskan bahwa publikasi ilmiah bukan sekadar kebutuhan akademik, tetapi juga bekal profesional bagi lulusan. Ia menyoroti bahwa publikasi jurnal dapat menjadi alternatif kelulusan selain skripsi, selama memenuhi standar penelitian akademik yang ketat.
Pembelajaran Berharga untuk Masa Depan
Dalam sesi inti, Dr. Luthfie memberikan panduan teknis tentang proses pengajuan artikel, termasuk pengecekan tipografi, keaslian konten, dan kesesuaian artikel dengan pedoman jurnal tujuan. Ia mengingatkan bahwa setiap jurnal memiliki kebijakan dan proses review yang berbeda, yang perlu dipahami oleh para penulis.
Kesuksesan SUBAR 2024 diharapkan dapat memotivasi lebih banyak program studi untuk menggelar inisiatif serupa, memperkuat budaya menulis ilmiah, dan meningkatkan kontribusi akademik UIN Raden Mas Said Surakarta di kancah nasional maupun internasional.
Sentimen: neutral (0%)