Sentimen
Undefined (0%)
15 Des 2024 : 20.14
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Solo

Tokoh Terkait

Trend Asia Kampanyekan #BersuaraTiapHari di Rock in Solo

15 Des 2024 : 20.14 Views 27

Espos.id Espos.id Jenis Media: Entertainment

Trend Asia Kampanyekan #BersuaraTiapHari di Rock in Solo

Esposin, SOLO-Trend Asia mengampanyekan #BersuaraTiapHari di festival musik tahunan Rock in Solo melalui Trend Asia Corner. Selain itu, Selain itu, ada juga peluncuran video klip Prahara Jenggala milik Down For Life pada Sabtu (14/12/2024).

Di Trend Asia Corner ini, juga diadakan peluncuran video klip Prahara Jenggala yang berkolaborasi dengan grup band Down For Life, grup musik metal asal Solo, Jawa Tengah. Video klip ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat adat dayak Kualan Hilir di Kalimantan Barat yang saat ini sedang menghadapi ancaman kehilangan ruang hidup mereka akibat keberadaan perusahaan hutan tanaman industri milik PT Mayawana Persada.

“Sebagai warga Solo dan warga yang tinggal di Jawa, kita bisa melihat betapa buruknya pembangunan dan tata ruang yang berantakan. Di pinggir Kali Pepe contohnya, kita bisa melihat dua sisi yang bertolak belakang. Kita bisa melihat orang kaya bisa dengan mudahnya menguasai lahan, tapi kita juga bisa melihat potret kemiskinan juga. Bagi kami musisi metal, kondisi negara 2-3 tahun belakangan ini memantik kami untuk mengeluarkan amarah lewat karya. Tujuan kami membuat video klip di Kalimantan Barat meski kami berasal dari Jawa Tengah karena kami ingin menunjukkan kepada pendengar kami bahwa kerusakan lingkungan itu terjadi di mana saja. Kami juga ingin mengajak para pendengar untuk aware bahwa kerusakan lingkungan terjadi karena pemerintah kita yang kecanduan dengan pembangunan yang mengabaikan kemanusiaan dan itu memicu ketimpangan sosial, orang kaya yang merebut ruang masyarakat adat,” ujar Stephanus Adjie dari Down For Life.

Dalam ruang Trend Asia Corner di Rock in Solo ini Trend Asia mengajak publik, khususnya para penikmat musik metal-rock, agar tak pernah berhenti menyuarakan setiap krisis yang mereka hadapi, khususnya isu krisis iklim.

“Kampanye #BersuaraTiapHari telah kami mulai sejak Pilpres 2024 lalu, tapi kami terus membawa kampanye ini sebagai pengingat bahwa suara kita sebagai rakyat tidak terbatas saat pemilu, tapi justru tiap saat. Apalagi saat ini, suara kritis rakyat sangat diperlukan untuk mengawal pemerintah yang semakin hari semakin menyulitkan rakyatnya,” ujar Tim Kampanye dan Advokasi Trend Asia, Irfan Alghifari, dalam rilis yang diterima Espos, Sabtu (14/12/2024).

Belakangan ini, masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Jawa Tengah, semakin merasakan dampak dari krisis iklim. Alih-alih berupaya menghambat pemanasan global, pemerintah Indonesia justru semakin kecanduan dengan industri ekstraktif.

Di Trend Asia Corner, para pengunjung Rock in Solo diajak untuk melihat bentuk-bentuk pengerusakan lingkungan dan ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia, melalui pemutaran film, diskusi bersama masyarakat adat dan musisi, stand up comedy, dan berbagai macam permainan interaktif.

Selain itu, Trend Asia Corner juga menyediakan photo box gratis bagi pengunjung dan sablon kaus gratis #BersuaraTiapHari. “Tak sedikit dari masyarakat Jawa Tengah yang berprofesi sebagai petani, tapi akibat krisis iklim, banyak petani mengalami pengurangan pendapatan yang signifikan karena cuaca yang tak menentu. Di musim hujan seperti sekarang, masyarakat di berbagai belahan wilayah di Indonesia dihadapkan dengan banjir bandang. Ancaman ruang hidup tenggelam juga dihadapi oleh masyarakat pantura Jawa Tengah. Di saat krisis iklim kian mengancam, kita juga dihadapkan dengan ketidakpastian ekonomi. Para pekerja tidak ada jaminan kesejahteraan yang memadai, rezim upah murah, tapi kebutuhan harian kian meningkat. Hal ini ditambah ancaman kenaikan pajak di  depan mata,” tambah Irfan.

Selain melalui Rock in Solo, Kampanye #BersuaraTiapHari yang diusung oleh Trend Asia pernah dibawa dalam bentuk lain seperti Tur Grup LAS! di Kalimantan Barat, Festival Iklim di Bali, dan beberapa festival literasi. Hal ini menjadi bentuk ajakan kepada semua orang, tanpa kecuali, bisa #BersuaraTiapHari melalui beragam medium.

 

 

Sentimen: neutral (0%)