Sentimen
Undefined (0%)
3 Des 2024 : 18.26
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Joglo, Solo

Cantik! Ini Wujud Ornamen Kembang Edi Peni di Underpass Joglo

3 Des 2024 : 18.26 Views 17

Espos.id Espos.id Jenis Media: Solopos

Cantik! Ini Wujud Ornamen Kembang Edi Peni di Underpass Joglo

Esposin, SOLO -- Jalan bawah tanah atau underpass di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, akan dihiasi ornamen yang cantik bermotif kembang edi peni. Seperti apa wujudnya? 

Bangunan yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) itu ditargetkan selesai pada Jumat (20/12/2024). 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.5 Jawa Tengah Balai Besar Pelaksana Jalan (BBPJN) Jateng-DIY, Emy Eko Setyowati, saat dihubungi Espos, Senin (2/12/2024) pagi, mengatakan sesuai kontrak, proyek underpass Joglo selesai 20 Desember 2024. 

"Hingga saat ini progres mencapai 90,182%,” kata Emy.

Underpass Joglo Solo nantinya memiliki beberapa kekhasan dibandingkan underpass lainnya di Soloraya. Dari segi konstruksi, underpass ini menggunakan dinding diafragma dan secant pile sebagai dinding penahan rembesan air pada kedua sisi.

Sepanjang dinding Underpass Joglo akan dihiasi ornamen yang mempertahankan kearifan lokal dengan tema kembang edi peni. 

Kembang edi peni, lanjut Emy, menggambarkan unsur tumbuhan dan bunga sebagai motif batik Solo pada umumnya. 

Kembang edi peni yang merepresentasikan budaya Solo ini menggabungkan motif batik dengan nilai keberagaman dan harapan masyarakat yang terus tumbuh.

“Proses re-design yang diterapkan secara linier dan berulang pada ornamen sepanjang dinding underpass juga menyimbolkan keberlanjutan akan harapan kehidupan masyarakat Solo yang terus tumbuh, berkembang, dan sejahtera,” tambahnya.

Yang tidak kalah menarik, kata Emy, ialah pada area lanskap Underpass Joglo Solo dilakukan penataan ruang terbuka hijau dengan penanaman 300 pohon dengan konsep dataran luas.

“Panjang total Underpas Joglo dengan jalan pendekatnya adalah 1.025 meter, terdiri dari panjang struktur underpass 450 meter dan panjang underpass tertutup 90 meter. Adapun biaya pembangunan Underpass Joglo mencapai Rp312 miliar,” jelasnya.

Underpass Joglo nantinya, lanjut Emy, memberi beberapa dampak di antaranya, pertama mengurangi waktu tempuh yang awalnya 5,12 menit sebelum adanya Underpass Joglo Solo menjadi hanya 0,6 menit. 

“Bisa dikatakan akan memangkas waktu tempuh lebih kurang 80%,” kata dia.

Sentimen: neutral (0%)