Sentimen
Positif (76%)
14 Nov 2024 : 20.11
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Magelang, Pasuruan, Rembang, Sukoharjo, Surabaya, Tuban, Tulungagung, Wonogiri, Yogyakarta

Kasus: Zona Hijau, Zona kuning, zona merah

Tokoh Terkait
Mokhammad Najih

Mokhammad Najih

Ombudsman Beri Penghargaan Layanan Publik ke Kementerian-Pemda, Ini Peraihnya

15 Nov 2024 : 03.11 Views 2

Detik.com Detik.com Jenis Media: News

Ombudsman Beri Penghargaan Layanan Publik ke Kementerian-Pemda, Ini Peraihnya
Jakarta -

Ombudsman RI merilis hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 terhadap kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah. Ombudsman mengatakan ada peningkatan jumlah penyelenggara layanan yang masuk Zona Hijau atau memperoleh Opini Kualitas Tertinggi dan Tinggi di 2024 dibandingkan dengan 2023.

"Hasil penilaian kepatuhan tahun 2024 secara nasional menunjukkan tren positif, terlihat dari meningkatnya jumlah pada Zona Hijau dan turunnya jumlah pada Zona Kuning dan Merah," ujar Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (14/11/2024).

Dia mengatakan hasil penilaian tahun 2021 hingga 2024 menunjukkan mutu pelayanan publik yang disediakan oleh berbagai penyelenggara mengalami peningkatan yang signifikan. Dia mengatakan hal itu terbukti dari lonjakan jumlah penyelenggara yang meningkat pada Zona Hijau, yakni dari 179 penyelenggara pada 2021 menjadi 494 pada 2024.

"Capaian ini adalah buah dari komitmen kuat seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Najih.

Najih menjelaskan terdapat 587 entitas yang dinilai pada tahun 2024. Hasilnya, yang masuk Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi sebanyak 337 entitas (57,41%), Zona Hijau dengan Kualitas Tinggi sebanyak 157 (26,75%), Zona Kuning dengan kualitas sedang sebanyak 70 entitas (11,93%), Zona Merah dengan Kualitas Rendah sebanyak 14 entitas (2,39%), dan Kualitas Terendah sebanyak 9 entitas (1,53%).

Penilaian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pelaksana layanan, wawancara pengguna layanan, observasi ketampakan fisik dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan. Sedangkan waktu penilaian dilakukan pada bulan Mei hingga September 2024.

Penganugrahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024

Tingkat Kementerian

Tingkat Lembaga

1. Badan Pusat Statistik: 94,99
2. Badan Pengawas Obat dan Makanan: 94,94
3. Badan Narkotika Nasional: 93,22
4. Lembaga Perpustakaan Nasional Indonesia: 90,09
5. Lembaga Sensor Film Indoensia: 88,45

Tingkat Pemerintah Provinsi

1. Pemprov Sulawesi Utara: 98,63
2. ⁠Pemprov Jawa Tengah: 98,21
3. ⁠Pemprov DI Yogyakarta: 97,22
4. ⁠Pemprov Bali: 96,94
5. ⁠Pemprov Riau: 96,47

Tingkat Pemerintah Kota

1. Kota Magelang: 99,61
2. ⁠Kota Surakarta: 99,14
3. ⁠Kota Yogyakarta: 98,91
4. ⁠Kota Surabaya: 98,59
5. ⁠Kota Pasuruan: 98,22

Tingkat Pemerintah Kabupaten

1. Pemkab Wonogiri: 99,71
2. ⁠Pemkab Sukoharjo: 99,36
3. ⁠Pemkab Tuban: 99,03
4. ⁠Pemkab Rembang: 98,90
5. ⁠Pemkab Tulungagung: 98,73.

(ond/haf)

Sentimen: positif (76.2%)