Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota
Kab/Kota: Surabaya
Tokoh Terkait
Makin Serius dengan GR, Toyota ala TRD Tidak Ada Lagi
Detik.com Jenis Media: Otomotif
Pecinta Toyota di Indonesia tahu betul bagaimana membuat tampilan mobil kesayangan semakin sporty dan kece, salah satunya menambahkan part Toyota Racing Development (TRD). Akan tetapi, kini bisa dipastikan Toyota Indonesia tidak akan lagi menjual Toyota ala TRD.
Tidak lagi menjual Toyota TRD atau part TRD bukan tanpa alasan, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan lebih memfokuskan untuk memperbesar brand Gazoo Racing (GR) dan meleburkan kesan sporty ala TRD di dalamnya.
"Brand Gazoo Racing (GR) sudah berjalan sejak 2019, waktu itu orang masih bingung karena masih ada TRD dan rasanya tahun ini strukturnya sudah lebih jelas dengan apa yang disebut Brand Gazoo Racing," ucap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Anton mengatakan berbeda dengan TRD yang ditawarkan sebelumnya, Gazoo Racing dipastikan tidak hanya akan fokus membuat varian Toyota semakin sporty, GR yang ditawarkan juga memfokuskan pada peningkatan performa pada setiap varian Toyota yang menyandangnya.
"GR ini brand baru, yang sifatnya brand motor sport, ini ada 3 hal yang utama. Pertama, produk. Bedanya produk TRD dengan GR ialah GR itu lengkap mulai dari Supra, GR Yaris, GR 86, dan ke depannya ada lagi. Kemudian GR S ini ada perubahan baik dari suspensi atau mesin (tunning), dan lain-lain, termasuk di situ corolla cross, ada Agya juga macam-macam. Jadi produk lebih lengkap. Bedanya TRD hanya aksesori saja sedangkan GR lebih banyak performance," ujar Anton.
Kedua, lanjut Anton. GR tidak hanya masalah produk, tetapi masalah lifestyle, beda dengan produk lainnya GR memiliki lifestyle dan lebih sporty.
PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Ini foto-foto lengkapnya. Foto: Rifkianto Nugroho"Untuk itu fasilitas toyota harus mendukung dari GR. Jadi sejak tahun lalu dan tahun ini ada beberapa cabang yang kita sematkan dengan GR Corner. Yaitu ada satu sudut untuk mempromosikan GR brand baik produk, lifestyle, merchandise dan sebagai puncaknya tahun ini kita akan luncurkan GR Garace," Anton menambahkan.
Untuk poin ketiga, kata Anton. Brand GR dari Toyota merupakan refleksi dari DNA Motor sport.
"Jadi mungkin ada yang tanya ada GT Tour, GT Cup bedanya apa? GT Tour merupakan event offline untuk menjual brand dari GR bentuknya pameran ada produk ada branding dan lain-lain, saat kami selenggarakan di Jakarta dan tahun ini ada di Surabaya dan mungkin ada di wilayah-wilayah lain," ucap Anton..
"GT Cup itu adalah acara yang dilakukan di grand tourismo (GT), GT buat balapan sponsornya toyota, jadi toyota punya slot termasuk orang Toyota Indonesia kalau menang berkompetisi menang di Indonesia, menang di region, berikutnya di Malaysia, dan termasuk di Eropa tahun lalu di monaco, itu bisa jadi juaranya Grand Tourismo International dan sponsornya Toyota jadi pertandingannya menggunakan Toyota. Jujur saja balapan yang kita gunakan ada slalom, ada di sirkuit, ada rally dan itu ada pasarnya sendiri, tapi ada juga yang ingin balapan di dunia online, jadi ini kita lakukan untuk mencangkup konsumen-konsumen seperti itu," tutup Anton.
Simak Video "Hanya 9 Unit di ASEAN, Berapa Harga Toyota GR Corolla?"
[-]
(lth/dry)
Sentimen: positif (99.1%)