Sentimen
Informasi Tambahan
Grup Musik: APRIL
Kab/Kota: Serdang
Tokoh Terkait
Tokopedia Beberkan Capaian Inisiatif Hyperlocal di Sumatera Utara
Detik.com Jenis Media: Tekno
Laporan e-Conomy SEA 2022 menyebutkan sektor digital diprediksi bakal terus tumbuh. Bahkan sekitar 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkat atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.
Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan laporan tersebut sejalan dengan data yang dimiliki Tokopedia. Ia mengatakan pihaknya telah melihat pertumbuhan transaksi online yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.
"Sejalan dengan laporan tersebut, kami juga melihat pertumbuhan transaksi online yang positif di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera Utara, termasuk Medan dan sekitarnya. Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padang Lawas dan Deli Serdang menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Sumatera Utara lewat Tokopedia pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April)," kata Ekhel dalam keterangan tertulis, Jumat (23/6/2023).
Ia mengatakan sepanjang Januari hingga Mei 2023, pihaknya telah melihat pengiriman antar pulau makin meningkat di mana pengiriman terjauh terjadi dari Medan (Sumatera Utara) ke Merauke (Papua).
"Pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, E-Samsat, Penerimaan Negara (Pajak Online, Bea Cukai dan Surat Berharga Negara), serta Tiket Kereta Api menjadi sejumlah produk digital yang paling banyak dibeli masyarakat Sumatera Utara termasuk Medan dan sekitarnya. Transaksi E-Samsat di Sumatera Utara melalui Tokopedia di tahun 2022 bahkan naik sebesar hampir 5 kali lipat," jelasnya.
Ekhel menjelaskan untuk memfasilitasi tingginya animo masyarakat terhadap belanja online, Tokopedia telah menghadirkan sejumlah inovasi, salah satunya Hyperlocal. Inisiatif ini mendekatkan pembeli dan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih efisien.
"Hyperlocal Tokopedia membawa berbagai dampak positif. Pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), jumlah pembeli di Sumatera Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat. Medan, Gunungsitoli, Batu Bara, Pakpak Bharat dan Tanjung Binjai menjadi wilayah di Sumatera Utara dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli," ungkapnya.
Khusus area Sumatera Utara, ia mengatakan ada sejumlah kategori yang diminati seperti Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Fesyen, dan Elektronik di periode Januari hingga Mei 2023.
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia diterapkan dalam berbagai kampanye, salah satunya Waktu Indonesia Belanja (WIB). Jumlah pembeli di kampanye WIB Sumatera Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).
"Promo yang paling sering digunakan oleh masyarakat Sumatera Utara termasuk Medan dan sekitarnya, dalam belanja online melalui Tokopedia, sepanjang 2023 (Januari-Mei) adalah Bebas Ongkir dan Cashback," jelasnya.
Menurutnya, inisiatif tersebut mendorong pertumbuhan jumlah UMKM di Sumut. Pertumbuhan tersebut sejalan dengan upaya pemerintah dalam memaksimalkan potensi UMKM.
"Dampaknya, berdasarkan data internal Tokopedia, Nias, Nias Utara, Nias Barat, Dairi dan Medan menjadi wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Sumut pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April)," ungkapnya.
Ia mengatakan salah satu manifestasi Hyperlocal Tokopedia adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.
Sentimen: positif (94.1%)