Sentimen
Negatif (97%)
10 Jun 2023 : 14.15
Informasi Tambahan

BUMN: PLN

Tokoh Terkait

PLN Turunkan Gangguan Listrik Lebih dari 25% Sepanjang 2022

10 Jun 2023 : 14.15 Views 3

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

PLN Turunkan Gangguan Listrik Lebih dari 25% Sepanjang 2022

Jakarta -

PT PLN (Persero) menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25% sepanjang 2022. Adapun capaian ini diperoleh dari upaya perseroan dalam menurunkan durasi gangguan per pelanggan hingga 27% dan frekuensi gangguan per pelanggan hingga 25%.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan capaian ini merupakan hasil dari transformasi pada sisi layanan pelanggan.

"Dalam situasi pascapandemi kami berhasil menata ulang cara pandang pengembangan bisnis yang dulunya stagnan menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang tadinya berserak juga sudah kami streamlining sehingga pelayanan pelanggan semakin cepat dan memuaskan," papar Darmawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6/2023).

-

-

Hal ini disampaikannya saat melaporkan kinerja PLN selama tahun 2022 pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Rabu (7/6).

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan pada 2022, PLN telah menurunkan System Average Interruption Duration Index (SAIDI) atau rata-rata durasi gangguan selama 122,8 menit per pelanggan. Dari target durasi padam selama 586 menit per pelanggan, PLN menurunkannya menjadi 463,2 menit per pelanggan per tahun.

Pada waktu bersamaan, PLN juga menekan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) atau rata-rata frekuensi gangguan sebanyak 1,38 kali per pelanggan. Dari target frekuensi gangguan sebanyak 7,0 kali per pelanggan, PLN sukses menurunkannya menjadi 5,62 kali per pelanggan per tahun.

Darmawan mengungkapkan seluruh capaian ini tidak terlepas dari transformasi digital di sisi pelayanan pelanggan melalui Super Apps PLN Mobile. Menurutnya, aplikasi tersebut mempermudah layanan pelanggan sehingga menjadi lebih efisien.

"Dulu, proses bisnis di layanan pelanggan PLN sangat kompleks, berbelit, dan terfragmentasi karena semua dilakukan secara manual. Semua itu teratasi dengan kehadiran PLN Mobile. Bahkan kini pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan kami lewat fitur khusus dalam aplikasi ini," pungkasnya.

(fhs/ega)

Sentimen: negatif (97%)