Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota, Hyundai, Honda, Tesla, Wuling, Ford, KIA, Volvo, Geely
Kab/Kota: Shanghai
Mobil Listrik China Segera Merebut Pasar Mobil Listrik Amerika Serikat
Republika.co.id Jenis Media: Otomotif
REPUBLIKA.CO.ID,Pengamat industri mengatakan hanya masalah waktu sebelum produsen mobil China menghadirkan mobil listrik (EV) mereka yang mengesankan - dan yang terpenting, murah - ke Amerika Serikat. Setelah bertahun-tahun mengancam untuk mendirikan diler di Amerika, perusahaan China semakin dekat untuk bergerak mewujudkannya.
Di kandang mereka, perusahaan China telah mengalahkan pesaing Amerika mereka, memakan pangsa pasar dari Ford dan General Motors dengan menawarkan mobil listrik yang lebih berkualitas dan lebih murah untuk pembeli. Mereka juga mulai mengekspor banyak merek ke Eropa.
Ketika para pemimpin industri mobil Cina seperti Nio dan Geely mengincar perpindahan ke Amerika Serikat, pertanyaannya adalah apakah mereka dapat mengatasi gesekan politik – dan apakah pembeli Amerika akan ikut serta?
"Ini akan menjadi beberapa tahun ke depan yang menarik untuk melihat apakah Ford dan GM dan sejenisnya dapat mencegah masuknya pesaing China," kata Martin French, direktur pelaksana di konsultan Berylls. "Dari apa yang kami lihat di pameran mobil Shanghai tahun ini, persaingan itu sangat, sangat nyata."
Industri EV China telah meledak dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, penjualan EV AS mencapai level tertinggi baru 800 ribu, sementara pembeli China membeli sekitar 5 juta kendaraan penumpang listrik. Setelah bertahun-tahun tak tertandingi, Tesla akan kehilangan mahkotanya sebagai pembuat EV terbesar di dunia oleh perusahaan China, BYD.
Toyota, Hyundai, dan sekarang BYD
Pada tahun 1970-an, perusahaan mobil Jepang seperti Toyota dan Honda masuk dengan kendaraan yang terjangkau dan hemat bahan bakar yang membuat produsen mobil AS terpukul. Baru-baru ini, Hyundai, Kia, dan merek Korea lainnya telah menikmati pasar Ford dan GM di SUV.
“Sejarah mungkin terulang kembali. Pabrikan EV China dapat memperoleh pijakan di AS dengan masuk pada titik harga yang terjangkau, kata para analis.
"Apakah mungkin bagi perusahaan China untuk melakukan apa yang telah dilakukan orang lain sebelumnya, hanya sekarang dengan kendaraan listrik? Jawabannya pasti," kata Bill Russo, mantan eksekutif Chrysler dan CEO Automobility, sebuah perusahaan penasihat yang berbasis di Shanghai, kepada Insider. "Siapa yang tidak menginginkan kendaraan yang terjangkau?"
Tetapi karena ketegangan politik antara China dan AS meningkat, masuk ke pasar Amerika bisa lebih menyakitkan bagi China daripada Jepang atau Korea. Selain kecemasan umum dari konsumen yang kemungkinan kecil akan mendukung merek China, kata para analis, anggota parlemen cenderung menerapkan lebih banyak pengawasan terhadap perusahaan China mana pun yang berencana untuk beroperasi di AS.
Tarif impor era Trump sebesar 27,5 persen tetap berlaku pada mobil China, sementara kredit pajak baru administrasi Biden untuk pembelian kendaraan listrik mendukung kendaraan yang dibuat di Amerika Utara dengan komponen baterai yang tidak berasal dari China.
Cina menang pada harga
Merek Amerika - termasuk Tesla - telah menjanjikan opsi EV jarak jauh dengan harga atau di bawah 30 dolar AS selama bertahun-tahun. Tetapi kemajuannya lambat dan terkadang mundur. GM berencana untuk membatalkan Bolt EV, EV termurah di Amerika, pada akhir tahun 2023 dan menggunakan pabrik itu untuk membuat pickup listrik yang mahal.
Sementara itu, merek China tak tertandingi dalam hal keterjangkauan di kandang sendiri dan di Eropa.
Salah satu EV paling populer di China adalah Wuling Hong Guang Mini, mobil kota kecil yang harganya sekitar 5.000 dolar AS. Di pameran mobil Shanghai bulan lalu, BYD meluncurkan Seagull, hatchback berukuran kecil yang stylish dengan perkiraan jangkauan 190 mil. Harga awalnya? Di bawah 11.000 dolar AS.
Tu Le, direktur pelaksana Sino Auto Insights, sebuah perusahaan konsultan yang berspesialisasi dalam industri otomotif China, mengatakan perusahaan China tidak mengabaikan kualitas demi harga yang terjangkau.
"Mereka memiliki produk untuk mendukungnya," katanya. "Saya telah mengendarai sejumlah merek EV China, dan orang Eropa dalam masalah."
Tapi dominasi Cina tidak akan terjadi dalam semalam.
Bahkan ketika merek China benar-benar masuk ke pasar Amerika, itu tidak akan terjadi sekaligus. Perusahaan-perusahaan ini cenderung menguji pasar dengan peluncuran volume rendah dan mempelajari pasar sebelum terjun sepenuhnya. “Dari lusinan merek yang mungkin menginginkan sepotong kue, hanya sedikit yang dapat menjual di AS dengan volume yang signifikan,” kata Le.
Pembuat mobil yang paling mungkin menerobos lebih dulu adalah mereka yang sudah hadir secara global, kata Russo: Geely dan BYD. (CEO BYD baru-baru ini mengatakan bahwa perusahaan saat ini tidak mengincar pasar mobil penumpang Amerika, tetapi perusahaan tersebut sudah memiliki jejak kendaraan komersial kecil di AS).
Polestar, merek EV Swedia yang dimiliki oleh Geely dan Volvo, sudah mengimpor dari China. Startup EV Nio telah mengumumkan rencana untuk memasuki AS pada tahun 2025.
Langkah selanjutnya: Menyiapkan manufaktur di Amerika Utara, yang diharapkan Le akan dilakukan oleh perusahaan China begitu mereka mendapatkan pijakan di pasar. Besarnya ukuran pasar mobil AS berarti pendatang baru perlu membangun secara lokal untuk bersaing secara serius dalam jangka panjang.
"Orang Amerika mengira gelombang pasang datang dari Silicon Valley. Padahal bukan," kata Le. "Itu datang dari dua arah."
sumber : Insider
Sentimen: negatif (97%)