Sentimen
Positif (94%)
13 Mei 2023 : 21.30
Informasi Tambahan

BUMN: BSI

Tokoh Terkait

Beredar Kabar 15 Juta Data Nasabah BSI Diduga Bocor, OJK: Tenang dan Sikapi secara Bijak

14 Mei 2023 : 04.30 Views 2

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Beredar Kabar 15 Juta Data Nasabah BSI Diduga Bocor, OJK: Tenang dan Sikapi secara Bijak

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan (KEPP) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae memastikan bahwa saat ini layanan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah dapat berjalan normal secara bertahap melalui delivery channel yang tersedia. 

Untuk diketahui, layanan perbankan BSI mengalami gangguan sejak Senin 8 Mei 2023. Saat itu berbagai layanan baik di ATM dan channel lainnya seperti BSI Mobile tidak bisa diakses oleh nasabah. Bahkan pada hari ini ada informasi bahwa peretas LockBit mengklaim telah mengantongi sebanyak 1,5 terabyte data 15 juta nasabah BSI.

Dian Ediana Rae menjelaskan, terbesar pemberitaan mengenai indikasi penyebab gangguan layanan BSI, OJK mengimbau seluruh masyarakat agar tetap tenang dan menyikapi beredarnya informasi secara bijak.

Dian Ediana Rae juga menyampaikan bahwa saat ini tim pengawas dan pemeriksa IT OJK terus melakukan komunikasi dan koordinasi untuk mengevaluasi sumber gangguan layanan yang dialami BSI dan meminta BSI untuk melakukan percepatan penyelesaian audit forensik yang saat ini sedang berjalan.

"OJK juga mendukung langkah BSI untuk mengedepankan upaya stabilisasi dan peningkatan layanan kepada nasabah a.l. melalui perluasan layanan weekend banking," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5/2023). 

Selanjutnya, OJK meminta BSI untuk mengoptimalkan pemberian tanggapan atas pengaduan yang diterima dari nasabah dan masyarakat, antara lain dengan mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan.

 

Sentimen: positif (94.1%)