Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota, Honda, Mitsubishi
Subaru akan Luncurkan Empat Crossover Listrik
Republika.co.id Jenis Media: Otomotif
REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO—Produsen otomotif Jepang Subaru mengumumkan rencana untuk memproduksi 400 ribu mobil listrik (EV) per tahun mulai 2028. Subaru menambahkan jalur EV kedua di pabriknya di Jepang untuk mendukung peluncuran empat crossover listrik pada akhir 2026. .
Sama seperti pembuat mobil Jepang lainnya termasuk Toyota, Honda, dan Mitsubishi, Subaru terlambat ke pesta EV dan sekarang tampaknya bertekad untuk mengejar waktu yang hilang.
Subaru saat ini menawarkan model all-electric tunggal, Solterra SUV kembar dengan bZ4X Toyota, tetapi empat crossover yang akan datang akan sangat memperluas jajaran EV-nya. “Crossover tersebut diharapkan akan dipasarkan di AS,” kata CEO baru Subaru Atsushi Osaki, Kamis (11/5/2023) ketika Subaru mengumumkan bahwa laba operasi naik hampir tiga kali lipat pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret.
Sebagai bagian dari rencana elektrifikasi yang dipercepat, Subaru mengatakan akan menambah jalur perakitan EV khusus di pabrik Oizumi di Jepang pada awal 2027, dengan kapasitas 200 ribu kendaraan per tahun. Itu akan menjadi tambahan untuk jalur di pabrik Yajima terdekat yang juga akan memiliki kapasitas 200 ribu EV per tahun mulai sekitar tahun 2026.
Jika digabungkan, kedua jalur tersebut akan menghasilkan 400 ribu EV per tahun mulai 2028.
Osaki juga mengatakan Subaru berencana untuk membangun EV pertama di Jepang, meskipun faktanya pasar AS menyumbang sekitar 70 persen dari penjualan global perusahaan. Ini adalah keputusan yang menarik mengingat EV yang diimpor tidak akan memenuhi syarat untuk kredit pajak AS, meskipun kendaraan sewaan mungkin memenuhi syarat untuk beberapa insentif.
Mantan bos Subaru Nakamura mengatakan dia yakin basis pelanggan setia Subaru di AS tidak akan terhalang oleh kurangnya insentif untuk mobil listriknya.
"Saya bertanya-tanya apakah konsumen Amerika memilih mobil mereka semata-mata berdasarkan keringanan pajak. Pelanggan AS kami adalah pelanggan berkualitas,” kata Nakamura.
Nakamura mengatakan pihaknya memiliki rasio pelanggan yang lebih tinggi yang membeli Subaru dengan uang tunai. “Kami juga memiliki tingkat pinjaman dan sewa yang rendah. Kami juga mempertahankan insentif kami pada tingkat rendah. Kami akan berusaha untuk tidak hanya mengandalkan program subsidi,” ujarnya.
Subaru menargetkan penjualan global tahunan 200 ribu EV mulai 2026, dan mengatakan akan mencari baterai untuk kendaraan baru melalui aliansinya dengan mitra Toyota.
Subaru mengatakan tahun lalu bahwa mereka akan mendapatkan 40 persen dari penjualan globalnya dari kendaraan listrik – baterai listrik dan hibrida – pada akhir dekade ini dan menerapkan elektrifikasi ke semua model di awal tahun 2030-an.
sumber : InsideEvs.com
Sentimen: positif (79%)