Sentimen
Positif (100%)
13 Apr 2023 : 11.00
Informasi Tambahan

Agama: Islam

Kab/Kota: bandung, Surabaya, Denpasar

Tokoh Terkait

Tren Transaksi Tokopedia Ramadan 2023, Ini Produk yang Jadi Incaran

13 Apr 2023 : 18.00 Views 2

Detik.com Detik.com Jenis Media: Tekno

Tren Transaksi Tokopedia Ramadan 2023, Ini Produk yang Jadi Incaran
Jakarta -

Ramadan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, di bulan puasa ini masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat kanal online.

Laporan dari The Trade Desk menyebutkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini. Sementara, laporan dari Google menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

"Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwi mingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini," ujar Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

-

-

Pelaku Usaha Wajib Catat! Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Ramadan

Nuraini menjelaskan pada kategori produk Fesyen di Tokopedia mengalami peningkatan transaksi yang cukup signifikan.

"Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan," jelasnya.

Kemudian pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.

"Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif," sambung Nuraini.

Ia pun menambahkan interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

Lalu pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadan.

"Bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat," kata Nuraini.

Bahkan, sambungnya, buah kurma tercatat juga mengalami peningkatan penjualan lebih dari 3x lipat. Di sisi lain, Nuraini mengungkapkan Tokopedia mengadakan berbagai inisiatif untuk menciptakan peluang tanpa hambatan bagi para pelaku usaha di bulan Ramadan kali ini.

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal," terangnya.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

"Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023," ungkapnya.

"Ada pula inisiatif berpendekatan Hyperlocal lainnya, yaitu Tokopedia NYAM!, yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat. Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM! meningkat hampir 2x lipat selama dua minggu pertama Ramadan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023," lanjutnya.

Sentimen: positif (100%)