Sentimen
Positif (100%)
12 Apr 2023 : 07.30
Informasi Tambahan

Event: Ramadhan

Kab/Kota: bandung, Surabaya, Lombok, Denpasar, Palangkaraya

Tokoh Terkait

Transaksi Antarpulau di Tokopedia Meningkat Lebih dari 2 Kali Lipat Selama Ramadhan Berkat Inisiatif Hyperlocal

12 Apr 2023 : 14.30 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Tekno

Transaksi Antarpulau di Tokopedia Meningkat Lebih dari 2 Kali Lipat Selama Ramadhan Berkat Inisiatif Hyperlocal

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia terus mengembangkan berbagai layanan yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana, salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal. Dengan inisiatif ini, Tokopedia memberikan keringanan biaya ongkir kepada pengguna, sehingga semakin banyak transaksi pengiriman same-day dan antar pulau.

Kehadiran insiatif ini pun mendorong transaksi antarpulau di platform Tokopedia. Peningkatan transaksi antarpulau tertinggi selama Ramadhan 2023 terjadi di wilayah Kampar (Kepulauan Riau), Banyuasin (Sumatera Selatan), dan Lombok Timur (NTB) dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat.

Sementara itu untuk periode yang sama, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Kuningan (Jawa Barat), dan Tabanan (Bali) menjadi wilayah dengan kenaikan penggunaan pengiriman same-day dan instan tertinggi.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, pendekatan Hyperlocal ini menjadi salah satu inisiatif untuk menciptakan peluang tanpa hambatan bagi penjual dan pembeli. 

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Nuraini dalam Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Tokopedia, Senin (10/4/2023). 

Program tersebut pun mencakup beberapa jenis fitur, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Tokopedia Nyam!, dan Dilayani Tokopedia. Sebagai informasi, KTP merupakan sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadhan 2023,” ungkap Nuraini.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mencari makanan dan minuman dari penjual terdekat, Tokopedia memiliki layanan Tokopedia Nyam!. Selama dua minggu pertama Ramadhan, jumlah pembeli dan transaksi di halaman ini pun meningkat hampir 2 kali lipat.

Lalu, ada fitur Dilayani Tokopedia yang membantu pelaku usaha menjangkau pasar lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar. Layanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. 

Selanjutnya, seluruh aktivitas operasional penjual akan ‘Dilayani Tokopedia’. Menurut Nuraini, transaksi parsel makanan lewat layanan ini melonjak hampir 3,5 kali lipat.

Gojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo. Pembentukan ini disebut sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga sekarang.

Sentimen: positif (100%)