Langkanya Bukan Main, Ini Mobil BMW yang Cuma Ada Dua di Indonesia
Detik.com Jenis Media: Otomotif
Populasi mobil asal Jerman, BMW tergolong banyak di Tanah Air. Terbukti sepanjang 2022, BMW berhasil menjual 3.742 unit secara retail dan angka tersebut yang paling tinggi sepanjang 21 tahun eksistensi BMW Group di Indonesia.
Namun ada model klasik mereka yang tercatat hanya ada dua unit di Indonesia. Meski menggunakan angka 3 di awal namanya, mobil ini bukan Seri 3 yang umum di pasar Tanah Air. Mobil langka ini bernama BMW 328 lansiran tahun 1930-an.
BMW 328 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOtoYap! BMW Indonesia sempat memamerkan mobil ini saat peresmian BMW Classic Partner di BMW Ultima pada akhir Maret 2023 silam. Dari sertifikat resmi yang diberikan BMW Indonesia, 328 ini merupakan milik Hartawan Setjodiningrat dari Hawke Auto Gallery.
Managing Director BMW Ultima, Rudy Kusmanto menyebutkan mobil ini hanya ada dua di Indonesia. Mobil yang usianya sudah lebih dari 80 tahun ini bahkan masih bisa untuk dipakai berkendara.
"Dulu dua. Tapi satu itu, nggak tahu ke mana. Harganya luar biasa sih ini," ujar Rudy Kusmanto.
Dari laman resmi BMW diceritakan bahwa 328 ini merupakan mobil lansiran tahun 1936 hingga 1940, tepatnya roadster legendaris ini mejeng pertama kali pada International Eifel Race di Nuerburgring pada 14 Juni 1936.
Pada masanya, 328 ini diklaim oleh BMW sebagai mobil sport paling sukses di skena balap. Hal ini disebabkan oleh rancang bangun 328 yang benar-benar diperhatikan oleh BMW.
"Kesuksesan BMW 328 terletak pada bagian-bagiannya, seperti desain ringan yang diterapkan secara ketat, distribusi bobot yang ideal, garis aerodinamis, mesin yang sempurna, dan sasis yang disetel dengan cermat menghasilkan roadholding yang sempurna," tulis BMW dalam rilis resmi soal 328 yang mereka publikasikan pada 2020 lalu.
BMW 328 dikembangkan dari basis BMW 319/1. Sedangkan untuk dapur pacunya, 328 membawa mesin yang dimodifikasi dari BMW 326. Mesin BMW 328 ini merupakan mesin 2.000 cc berkonfigurasi 6 silinder segaris.
"Peningkatan yang sangat efektif ini, meningkatkan output menjadi 80 HP di 4.500 putaran per menit," tulis BMW menjelaskan mesin 328 merupakan versi peningkatan dari 326.
BMW 328 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOtoSedangkan platform yang digunakan, merupakan rangka tubular yang dikembangkan oleh insinyur Fritz Fiedler. Berkat tangan piawainya untuk merancang sasis, bobot 328 ini hanya 780 kilogram. Pada masanya, angka segitu sangat impresif untuk bobot sebuah roadster balap.
Tak hanya langka di Tanah Air, BMW 328 sebenarnya secara global merupakan barang incaran kolektor. Tercatat populasi mobil ini tak sampai 500 unit.
"Pada musim semi 1938 Bayerische Motoren Werke mengirimkan BMW 328 ke-200 kepada pemiliknya. Namun hanya 464 contoh yang diproduksi hingga tahun 1940, meninggalkan BMW 328 sebagai barang langka yang dicari di kalangan mobil klasik saat ini," tulis BMW.
Pada masanya, BMW 328 dijual dengan harga mulai dari 445 ribu DM atau Deutsche Mark. Saat ini tentu harganya tak ternilai dan BMW Indonesia menyebutkan bahwa 'harta karun' mobil klasik BMW seperti ini tak sedikit di Tanah Air.
"Sebenarnya di Indonesia itu banyak volume (mobil klasik BMW) yang kita nggak tahu. Banyak orang yang mungkin, kalau kita ke Jogja atau ke mana, bisa aja nemuin BMW yang aneh-aneh di situ. Banyak itu yang lama-lama ada di sini," ujar Ariefin Makaminan selaku Vice President Customer Support BMW Group Indonesia.
Simak Video "Setelah 21 Tahun Hadir di Indonesia, BMW Pecahkan Rekor Penjualan"
[-]
(mhg/rgr)
Sentimen: positif (99.9%)