Sentimen
Positif (66%)
20 Feb 2023 : 10.45
Informasi Tambahan

Kasus: covid-19

Bidik 45 Juta Penumpang di 2023, PT KAI Tambah Kereta dan Siapkan Super App

20 Feb 2023 : 10.45 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Bidik 45 Juta Penumpang di 2023, PT KAI Tambah Kereta dan Siapkan Super App

Liputan6.com, Jakarta- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membidik bisa melayani 45,5 juta penumpang di 2023. Berbagai inovasi layanan hingga rencana penambahan kereta api akan jadi langkah mencapai target jumlah penumpang tersebut.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, dengan 45,5 juta orang yang dilayani berarti meningkat sekitar 36 persen dari penumpang sepanjang 2022. Tercatat di 2022 KAI melayani 30,1 juta penumpang KA Jarak Jauh.

Pada 2023 ini, KAI akan melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. KA-KA baru akan dioperasikan untuk menambah keleluasaan kepada pelanggan dalam memilih jadwal.

KAI juga akan menambah relasi baru seperti kereta api melingkar di jalur Jawa Barat - Jawa Tengah dan Jawa Timur - Jawa Tengah.

Kereta Luxury

Kemudian KAI akan menghadirkan Kereta Luxury Generasi 3 untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi pelanggan yang menghendaki pelayanan ekstra untuk menggunakan kereta api.

Kapasitas Kereta Luxury Generasi 3 sama dengan Generasi 2, namun memiliki keunggulan dimensi cangkang kursi yang lebih kecil sehingga membuat kesan lebih luas.

Kereta Luxury Generasi 3 dilengkapi dengan bahan lapisan kursi yang lebih nyaman, lantai berkarpet, 2 buah toilet, rak koper, dan alternatif warna yang lebih menarik.

“Inovasi produk kereta juga KAI hadirkan melalui Kereta Tidur Kompartmen dengan dinding pembatas personal, sehingga lebih eksklusif. Kereta berkapasitas 16 orang ini memungkinkan pelanggan dapat tidur dengan posisi terlentang. Di samping itu, KAI juga akan terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menghadirkan Kereta Eksekutif Stainless Steel Generasi 2,” kata Didiek dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Penumpang di 2022

Selama 2022, KAI melayani 53.820.962 pelanggan dengan rincian 30.186.431 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan 23.634.531 pelanggan Kereta Api Lokal.

Jumlah tersebut naik 134 persen dibanding periode 2021 sebanyak 23.022.715 pelanggan. Volume pelanggan tersebut tidak termasuk pelanggan yang menggunakan jasa anak perusahaan KAI.

“Peningkatan ini dipengaruhi melandainya pandemi Covid-19 di tahun 2022. KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat yang telah menggunakan angkutan kereta api selama 2022,” urai Didiek.

 

Harga tiket kereta api jelang libur natal dan tahun baru dikeluhkan masyarakat mengalami kenaikan. Namun, pihak KAI sebut harga tiket bersifat fluktuatif tergantung pada demand masyarakat.

Sentimen: positif (66.6%)