Layanan Data Sumbang 91 Persen dari Pendapatan XL Axiata, Catat Laba Rp 1,1 T di Akhir 2022
Liputan6.com Jenis Media: Tekno
Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata tercatat memiliki 57,5 juta pelanggan per akhir Desember 2022. Dalam laporan kinerja XL Axiata kuartal 4 2022, XL Axiata mencatatkan pendapatan total Rp 29,2 triliun, naik 9 persen dari periode yang sama tahun lalu (YoY).
Ke-57,5 juta pelanggan ini berdampak pada kontribusi pendapatan atas layanan data dan digital sebesar 91 persen dari total pendapatan, atau sebesar Rp 26,6 triliun.
Dari jumlah itu, XL Axiata juga membukukan laba bersih setelah dinormalisasi menjadi Rp 1,1 triliun, naik 1 persen dari periode yang sama tahun lalu.
Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, industri telekomunikasi Indonesia penuh dengan persaingan ketat sepanjang 2022. Konsumsi data oleh pelanggan XL Axiata pun tetap kuat, didorong streaming video dan tren ini diperkirakan terus lanjut hingga 2023.
"Investasi kami yang masif falam infrastruktur jaringan, baik untuk perluasan atau peningkatan kapasitas, digitalisasi, personalisasi layanan, dan pengoptimalan penggunaan spektrum telah meningkatkan pengalaman pelanggan, sehingga mendorong meningkatnya trafik layanan," kata Dian, dikutip dari keterangan XL Axiata, Senin (20/2/2023).
Dian menambahkan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan yang didukung digitalisasi dan peningkatan kualitas jaringan XL. Hal ini pun mendorong penggunaan data dan membantu meningkatkan pendapatan.
Sentimen: positif (100%)