Sentimen
Positif (66%)
14 Feb 2023 : 16.00
Informasi Tambahan

BUMN: TransJakarta

Kab/Kota: Glodok, Ancol, Sawah Besar, Mangga Besar

Tokoh Terkait

Tersambung, Pembangunan Stasiun MRT Thamrin ke Monas Capai 51%,

14 Feb 2023 : 16.00 Views 2

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Tersambung, Pembangunan Stasiun MRT Thamrin ke Monas Capai 51%,

Jakarta -

PT MRT Jakarta (Perseroda) masih membangun jalur MRT Jakarta Fase 2A. Fase 2A terbagi menjadi tiga bagian, yaitu fase 2A CP201 (Stasiun Thamrin-Monas), CP 202 (Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar), dan CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota).

Progres pembangunan fase 2A CP 201 (Stasiun Thamrin-Monas) per 25 Januari 2023 sudah mencapai 51%. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran base slab ventilation tower, pemasangan ventilasi terowongan (OTE Duct) dan kolom stasiun, pengecoran roof slab gardu induk, dan persiapan shaft box jacking entrance 1 stasiun di Jalan Museum.

Sementara di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan penggalian dan pengecoran roof slab pada sisi selatan stasiun, pembangunan D-Wall sisi utara stasiun, dan pekerjaan jet grouting sisi selatan dan utara stasiun.

-

-

Adapun, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) telah berhasil membangun terowongan northbound dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Bundaran HI sepanjang 395 meter dari total 562 meter. Sementara mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan dua terowongan antara Stasiun Thamrin dan Bundaran HI. Saat ini, TBM-2 sedang dalam persiapan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni.

Di sisi lain, progres pembangunan untuk CP 202 (Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar) telah mencapai 9,095%. Cakupan pekerjaannya meliputi pekerjaan proteksi dan relokasi utilitas, konstruksi halte sementara transjakarta, penyiapan primary beam dan RC slab foundation untuk canal decking, dan penanganan rel trem kuno.

Sementara itu, untuk CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota), progres pembangunannya sudah mencapai 25,36%. Cakupan pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi melanjutkan pekerjaan galian station box dan road decking. Di Stasiun Kota, meliputi pekerjaan pembangunan D-Wall.

Selain itu, mesin bor terowongan sedang dalam proses fabrikasi dan rebar cage untuk D-Wall. Sementara pengadaan CP 205 railway systems and trackwork (sistem perkeretaapian dan rel) telah dilaksanakan dengan international competitive bidding. CP 205 telah dilakukan call for tender pada 25 Agustus 2022 lalu.

Untuk CP 206 rolling stock (ratangga) telah dilakukan market sounding dan penyesuaian jumlah rangkaian kereta dari 14 rangkaian menjadi tujuh rangkaian. Rencananya, call for tender akan dilakukan pada kuartal I tahun ini, sedangkan CP 207 automatic fare collection (sistem pembayaran), call for tender akan dilakukan pada Juni 2023.

Sebagai informasi, Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Sementara itu, Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study). Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp 25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Berbeda dengan fase 1, fase 2A dibangun sekaligus dengan mengembangkan kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development).

Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur stasiun MRT Jakarta saja, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik yang akan mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

(eds/eds)

Sentimen: positif (66.7%)