Sentimen
Informasi Tambahan
Grup Musik: iKON
Kab/Kota: bandung, Surabaya, Kamal, Bangkalan, Madura
Tokoh Terkait
Daftar 5 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Ada yang Dirancang Berumur 100 Tahun
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Liputan6.com, Jakarta Jembatan merupakan bagian dari infrastruktur mobilitas masyarakat. Penghubung struktur yang dibuat untuk menyeberangi satu lokasi ke lokasi lain yang terpisahkan rintangan. Mulai dari sungai, jalan raya hingga rel kereta.
Di Indonesia, pembangunan jembatan terus dikebut. Bahkan pemerintah mengucurkan anggaran khusus membangun infrastruktur jembatan skala kecil, menengah hingga besar di seluruh wilayah Indonesia.
Dari sekian proyek tersebut, terdapat 5 jembatan yang bisa dibilang menjadi mahakarya di Indonesia. Merangkum berbagai sumber, berikut 5 jembatan terpanjang di Indonesia, Selasa (14/2/2023):
1. Jembatan Suramadu
Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003. Kemudian dilanjutkan pembangunan hingga peresmian di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.
Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini mencapai Rp 4,5 triliun. Jembatan yang kini berganti nama resmi Jalan Tol Surabaya–Madura merupakan jembatan sekaligus jalan tol yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.
Dengan panjang 5.438 m, jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia untuk saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.
2. Jembatan Pasupati
Dikenal sebagai Jalan Layang Pasupati, jembatan ini telah bisa dipakai lalu lalang masyarakat sejak tahun 2005. Namanya merupakan gabungan dari 2 nama jalan yakni Pasteur dan Surapati.
Melansir laman bandung.go.id, selain menjadi ikon Kota Bandung, Jembatan Pasupati juga menjadi jembatan terpanjang ke-2 di Indonesia setelah Jembatan Suramadu yang berada di Kota Madura.
Jembatan Pasupati memiliki panjang sekitar 2,8 kilometer dan lebar sekitar 21,53 meter. Keunikan dari Jembatan Pasupati terletak pada bagian tengahnya, yaitu terdapat satu tiang yang cukup tinggi dan ditopang dengan 19 cable stayed.
Selain itu, jembatan ini juga menggunakan teknologi Look Up Device (LUD). Teknologi ini merupakan perangkat khusus tahan gempa buatan Prancis. Jembatan Pasupati adalah jembatan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi LUD sehingga menjadikannya sebagai jembatan tahan gempa pertama di Indonesia.
Sentimen: netral (50%)