Sentimen
Positif (100%)
29 Jan 2023 : 15.01
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Jepara, Tidore, Bantaeng

Doyan Belanja Online, Gen Z Paling Banyak Beli Mie Instan hingga Kabel Data

29 Jan 2023 : 22.01 Views 1

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Doyan Belanja Online, Gen Z Paling Banyak Beli Mie Instan hingga Kabel Data
Jakarta -

Belanja online saat ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia dari berbagai generasi. Terutama bagi generasi Z atau gen Z yang memiliki rentang usia 18-24 tahun. Pertanyaannya barang apa yang paling banyak dibeli para gen z?

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan saat ini gen Z juga masuk dalam kategori masyarakat yang aktif berbelanja.

Ekhel menyebut, gen Z ini cenderung punya kesadaran tinggi untuk menjalankan protokol kesehatan. Karena itu berbagai produk yang berbau kesehatan laris manis di Tokopedia.

-

-

Seperti masker medis, obat herbal hingga tisu paling laku selama 2022. Tak cuma itu gen Z ini juga peduli dengan kesehatan wajah. Tercermin dari larisnya produk serum wajah, krim wajah dan pembersih wajah.

Gen Z juga gemar tampil modis. "Di subkategori Fesyen Wanita, tas selempang, hijab segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan pada subkategori Fesyen Pria, kaos, sneakers dan kemeja menjadi produk yang laris diburu gen Z melalui Tokopedia," ujar Ekhel.

Gen Z pun ternyata sering berbelanja berbagai produk kebutuhan elektronik. Kabel data, perangkat android dan pelindung layar handphone menjadi beberapa produk yang paling laris di kalangan gen Z lewat kategori Handphone dan Gadget di Tokopedia. Di sisi lain, pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan wafer.

Kini Tokopedia memiliki berbagai berbagai inisiatif atau kampanye untuk membantu masyarakat, termasuk gen Z, berbelanja kebutuhan harian secara lebih mudah dan efisien. Misalnya, ada kampanye Zona Sehat dengan sederet produk kesehatan yang terkurasi. Ada pula kampanye Tokopedia Beauty dan Zona Ganteng yang berisi berbagai produk kecantikan dan perawatan diri terkurasi.

Di sisi lain, masyarakat bisa mendapatkan produk fesyen lokal perempuan lewat Women in Style dan fesyen lokal laki-laki lewat Galeri Fashion Pria. Beragam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah tersedia di Tokopedia Tekno, sedangkan Tokopedia Nyam! menghadirkan pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha khususnya UMKM di berbagai daerah.

Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada. "Contoh manifestasinya ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu pembeli belanja dari penjual terdekat. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual di luar daerah dengan cepat dan ongkir terjangkau bahkan Rp0," jelas Ekhel.

"Berkat berbagai inisiatif tersebut, kami mencatat Bantaeng (Sulawesi Selatan), Jepara (Jawa Tengah), dan Tidore (Maluku Utara) mengalami peningkatan jumlah pembeli gen Z tertinggi. Sedangkan Jayawijaya (Papua), Sabu Raiju (NTT), dan Muaro Jambi (Jambi) merupakan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi oleh gen Z tertinggi sepanjang 2022," ujar Ekhel.

(kil/das)

Sentimen: positif (100%)