Sentimen
Negatif (98%)
9 Jan 2023 : 19.30
Informasi Tambahan

Kab/Kota: bandung, Surabaya, Banyuwangi, Purwokerto, Senen, Yogyakarta, Gambir, Solo

Periode Natal dan Tahun Baru, 58 Persen Penumpang Kereta Api Beli Tiket Lewat KAI Access

10 Jan 2023 : 02.30 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Periode Natal dan Tahun Baru, 58 Persen Penumpang Kereta Api Beli Tiket Lewat KAI Access

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang kereta api dalam periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mencapai 4,41 juta orang. Sebagian penumpang ini membeli tiket melalui platform KAI Access dan sebagian kecil melalui channel eksternal.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Didiek Hartantyo menjelaskan, transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru didominasi melalui KAI Access sebesar 58 persen.

"Sedangkan melalui channel eksternal sebesar 29 persen," kata Didiek Hartantyo dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (9/1/2022).

Didiek membeberkan selama musim libur Nataru 2022/2023, KAI melayani 2.320.614 pelanggan kereta jarak jauh. Sedangkan untuk pelanggan kereta jarak dekat yang menggunakan kereta api lokal tercatat 2.086.663 pelanggan.

Puncak keberangkatan tertinggi terjadi pada 1 Januari 2023 dengan jumlah pelanggan sebanyak 285.508 penumpang. Sedangkan rute terfavorit selama musim libur nataru kali ini antara lain relasi Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Purwokerto pp, Bandung - Surabaya pp, Yogyakarta - Surabaya pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan lainnya.

Sementara itu, untuk stasiun terpadat yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Bandung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan lainnya.

Didiek mengatakan dari sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan ataupun kedatangan kereta api di musim nataru mencapai 96 persen. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan masa Nataru 2019/2020 sebesar 86 persen.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor semakin membaiknya program perencanaan Angkutan Nataru serta peningkatan kinerja operasional. “Pencapaian tahun ini akan kami jadikan pemicu untuk terus bekerja keras secara extraordinary dengan mengupayakan target penumpang KAI kembali pada kondisi normal, recovery yang lebih baik,” kata Didiek.

Meski begitu dia mengakui, sempat terjadi beberapa hambatan yang ditimbulkan karena kondisi cuaca ekstrem di beberapa daerah. Namun hal tersebut sudah KAI antisipasi sehingga penanganan operasional dan pelayananan kepada pelanggan dapat dilaksanakan dengan baik.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memastikan kesiapannya menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru. 42 persen tiket KA Jarak jauh tekah terjual. PT KAI juga menyiaakan 10.000 personelnya mengantisipasi lonjakan penumpang.

Sentimen: negatif (98.4%)