AP I Capai Target Pelayanan Penumpang 2022
Republika.co.id Jenis Media: Ekonomi
AP I mencatat jumlah penumpang yang dilayani melebihi target.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) mencatat jumlah penumpang yang dilayani sepanjang tahun ini melampaui target yang sudah ditetapkan. Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, dalam RKAP 2022, ditargetkan pelayanan sebanyak 38 juta penumpang. Namun, realisasi hingga 31 Desember 2022 sudah mencapai 52 juta penumpang.
“Ini sudah jauh di atas yang kita targetkan dan yang lebih signifikan lagi karena penumpang internasional sudah mulai pemulihan,” kata Faik dalam keterangan resmi, Jumat (6/1/2023).
Faik menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang pada Desember 2022 cukup signifikan dan mempengaruhi target sepanjang tahun ini. Dia menilai, kondisi tersebut menjadi stimulus positif untuk memperbaiki pemulihan AP I.
“Karena jumlah trafiknya mungkin Desember ini mencapai angka tertinggi sepanjang periode pandemi,” ucap Faik.
Untuk itu, Faik optimistis, pada 2023, kinerja AP I akan lebih baik. Faik juga yakin pada tahun ini AP I secara finansial juga sudah bisa memperoleh keuntungan dalam kinerjanya.
“Kalau lihat peeforma kita pada 2022, arus kasnya sudah positif, EBITDA juga sudah positif. Tapi timeline laba rugi masih negatif. Nah, untuk 2023 kita pastikan semuanya akan positif. Walaupun tidak setinggi di periode sebelum pandemi tapi kita sudah akan upayakan positif,” jelas Faik.
Sentimen: positif (99.1%)