Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: Bank Mandiri
Kab/Kota: Banyuwangi
Tokoh Terkait
Digitalisasi Layanan Publik, Kementerian PANRB Tiru Bank Mandiri
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) berkolaborasi dengan BUMN untuk mengakselerasi pelayanan secara digital. Salah satu BUMN yang digandeng adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
"Bapak Presiden (Jokowi) arahannya adalah digitalisasi pelayanan publik. Karena kalau digital pasti lebih cepat, lebih murah, transparan, dan ujungnya adalah akuntabilitas," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas saat melakukan Audiensi dengan Bank Mandiri, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (5/1/2023).
Dikatakan Anas, salah satu ekspektasi Jokowi merupakan terwujudnya mal pelayanan publik (MPP) digital. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi prioritas Kementerian PANRB, dengan memastikan digital structure, culture, dan kompetensi dilakukan akselerasi.
Mantan Bupati Banyuwangi ini mengutarakan jika kolaborasi dengan BUMN diperlukan, mengingat kemampuan serta teknologi yang dimiliki sangat baik. Sehingga pemerintah dapat mengimplementasikan untuk kepentingan publik.
"Dengan penerapan digitalisasi seperti yang dilakukan Bank Mandiri, maka masyarakat memiliki pilihan untuk datang langsung ke pusat layanan, yakni MPP atau melalui MPP Digital yang akan dibangun," ungkapnya.
Setidaknya terdapat tiga fokus pelayanan kepada masyarakat, antara lain pelayanan elektronik, pelayanan mandiri, dan pelayanan bergerak. "Pelayanan bergerak diperuntukkan bagi masyarakat yang belum tersentuh dengan digitalisasi. Selain itu juga dapat bergerak lincah ke mana pun hingga ke pasar tradisional," imbuhnya.
Sentimen: positif (96.6%)