Sentimen
Negatif (99%)
15 Des 2022 : 19.02
Informasi Tambahan

Event: MotoGP

Kab/Kota: Tangki

Apakah Stang Motor MotoGP Bisa Belok? Ini Jawabannya : Okezone Sports

16 Des 2022 : 02.02 Views 2

Okezone.com Okezone.com Jenis Media: Sport

Apakah Stang Motor MotoGP Bisa Belok? Ini Jawabannya : Okezone Sports

APAKAH stang motor MotoGP bisa belok? Pertanyaan itu kerap kali dipertanyakan bagi sebagian penggemar ajang balap motor bergengsi di dunia tersebut.

Bagaimana tidak, umumnya jika dilihat secara seksama tampaknya bodi motor yang diperuntukkan untuk ajang ini tak didesain agar bisa belok. Terlebih untuk bagian stang motor.

Sebab setiap melewati tikungan para pembalap kerap memiringkan tubuh dan motor, bukan membelokkannya. Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan okezone berikut ini.

Apakah Stang Motor MotoGP Bisa Belok?

Francesco Bagnaia vs Enea Bastianini

Perlu diketahui, motor MotoGP sama halnya dengan motor pada umumnya, di mana bagian stang dapat belok. Hanya saja, sudutnya tidak sebesar motor pada umumnya lantaran berkaitan dengan konstruksi motor yang tidak memungkinkan jika dibelokan terlalu banyak dan memang motor MotoGP tidak perlu sudut belok yang besar.

Ruang gerak stang juga memang diketahui sempit. Handlebar motor MotoGP posisinya lebih rendah dari tangki untuk membantu pembalap rebah mendekap motor saat berusaha menghasilkan efek aerodinamika yang sempurna.

Dengan posisi seperti itu, maka saat berbelok stang akan membentur tangki yang sebenarnya bukanlah tangki seperti pada motor kebanyakan.

Tak hanya itu, tak membelokkan stang bertujuan agar menstabilkan motor dengan mengurangi potensi getaran yang mungkin terjadi pada stir.

Fabio Quartararo

Dengan sudut belok yang kecil, saat roda depan kehilangan kendali maka motor tidak akan menyerong terlalu banyak yang justru membuatnya sulit dikendalikan.

Sementara itu, Tank Slapper istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan kondisi setir yang bergoyang terlalu berlebihan dan bisa membuat pembalap terjatuh. Kondisi ini diantisipasi dengan penggunaan Steering Damper pada beberapa titik di setir dan chasis untuk mengeliminir goyangan setir yang berlebihan tersebut.

Sentimen: negatif (99.8%)