Sentimen
Positif (91%)
15 Des 2022 : 17.41
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Pasar Baru

Kunjungan Wisman 2022 Lampaui Target, Paling Banyak Masuk via Bandara Ngurah Rai Bali : Okezone Travel

16 Des 2022 : 00.41 Views 3

Okezone.com Okezone.com Jenis Media: Nasional

Kunjungan Wisman 2022 Lampaui Target, Paling Banyak Masuk via Bandara Ngurah Rai Bali : Okezone Travel

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa target 3,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2022 sudah tercapai pada Oktober lalu. Negara penyumbang wisman terbanyak adalah Australia dan Malaysia.

Hal itu dikatakan Sandiaga dalam sambutannyapada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) 2022 bertajuk ‘Transformasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang Inklusif dan Berkelanjutan’ yang berlangsung secara hibrid di Jakarta, Kamis (16/12/2022).

 BACA JUGA:Sandiaga: Pertama dalam Sejarah, Pariwisata Indonesia Kalahkan Malaysia dan Thailand

“Alhamdulillah sudah tembus 3,6 juta kunjungan wisman. Mereka masuk dari Bandara Ngurah Rai sebanyak 38,0 persen, Bandara Soekarno Hatta sebanyak 17,8 persen, dan ada juga yang dari Batam sebanyak 8,6 persen,” kata Sandiaga.

 

Dari data tersebut terlihat Australia masih menduduki posisi pertama dengan jumlah wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia. Kemudian disusul Malaysia, Timor Leste, India, Inggris, hingga Amerika Serikat.

 BACA JUGA:Libur Nataru 2023, Sandiaga Ajak Masyarakat Berwisata di Indonesia

“India dan Timor Leste itu pasar baru kita. Kita butuhkan suatu terborosan yang bisa membuat semangat, yang tadinya nggak punya anggaran tapi bisa ningkatin performance kalau kita terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaboras,” tutur Sandiaga.

Melihat tingganya tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, Sandiaga targetkan tahun depan harus lebih meningkat.

 Ilustrasi

“Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan co branding, kita ingin menawarkan brand yang sudah dikenal di seluruh dunia, yaitu ‘Wonderful Indonesia’ untuk mendorong promosi kunjungan wisatawan dengan target 7,4 juta bisa dilampaui,” pungkasnya.

Sentimen: positif (91.4%)