Sentimen
Positif (98%)
20 Nov 2022 : 10.15

Electronic City ECII Raup Laba Rp1,3 Miliar di Kuartal III-2022 Usai Rugi Rp8,2 Miliar : Okezone Economy

20 Nov 2022 : 10.15 Views 3

Okezone.com Okezone.com Jenis Media: Ekonomi

Electronic City ECII Raup Laba Rp1,3 Miliar di Kuartal III-2022 Usai Rugi Rp8,2 Miliar : Okezone Economy

JAKARTA - PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) meraup kinerja positif hingga kuartal III 2022. Perseroan berhasil mengantongi laba sebesar Rp1,37 miliar, berbalik dari periode yang sama tahun sebelumnya yang merugi sebesar Rp8,26 miliar.

Kinerja positif ini ditopang oleh pertumbuhan pendapatan ECII hingga September 2022, yang naik 21,23% menjadi Rp1,54 triliun dari sebelumnya Rp1,27 triliun. Berdasarkan segmennya, penjualan barang elektronik bermerek mendominasi dengan berkontribusi sebesar Rp1,46 triliun.

Kemudian, pendapatan sewa tercatat sebesar Rp72,09 miliar, komisi penjualan barang konsinyasi sebesar Rp1,03 miliar, serta pendapatan lainnya tercatat sebesar Rp10,55 miliar.

Dari sisi pengeluaran, beban pokok penjualan tercatat naik menjadi Rp1,27 triliun, sementara beban usaha tercatat sebesar Rp277,94 miliar.

Hingga September 2022, total nilai aset ECII tercatat sebesar Rp1,84 triliun, turun 2,68% dari posisi akhir Desember 2021 yang sebesar Rp1,89 triliun. Adapun, liabilitas perseroan sebesar Rp452,16 miliar dan ekuitas sebesar Rp1,39 triliun.

Baca Juga: Menuju Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Lulusan Universitas

Untuk meningkatkan penjualan, perseroan menjalankan dua strategi utama di retail yakni, ekspansi dan penambahan kategori. ECII terus berekspansi dalam memilih lokasi yang baik dan juga saluran penjualan lainnya, agar perseroan dapat mencapai hasil yang maksimal dan semakin mendekatkan diri dengan pelanggan.

Sedangkan, penambahan kategori dapat dilakukan berdasarkan saran dari konsumen. Seperti yang dilakukan pada tahun 2021, di mana perseroaan sudah menambah kategori mom & baby, dan di tahun ini menambah kategori ecocity, di mana Electronic City sebagai perusahaan retail asli Indonesia akan berpartisasi aktif untuk mendukung karya anak bangsa.

Sentimen: positif (98.8%)