JAKARTA - Kementerian Perdagangan mencatat bisnis waralaba berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Waralaba Indonesia pun terus berkembang sehingga menembus pasar internasional.
"Pemerintah terus mendukung para pelaku usaha waralaba untuk terus tumbuh karena memiliki potensi yang luar biasa. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak lepas dari peran waralaba. Kita harus optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terjadi karena kolaborasi dan saling mendukung," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, saat membuka gelaran Franchise License Expo Indonesia (FLEI) ke-19 di Jakarta Convention Center, Jakarta pada hari ini, Jumat (18/11/2022).
Mendag bersyukur ekonomi tetap Indonesia tumbuh sebesar 5,72% pada kuartal III-2022, meskipun dalam situasi dunia yang penuh tantangan. Di sisi lain, ekspor Indonesia surplus sebesar USD45,52 miliar pada periode Januari-Oktober 2022.
"Ini kabar bagus yang harus disyukuri karena kerja sama dan kolaborasi semua pihak, kita bisa kuat dalam mengatasi segala hambatan yang dihadapi," kata Mendag.
Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Pelaku Usaha Waralaba pada 2022
Mendag menyebut, Indonesia harus percaya diri karena memiliki talenta muda hebat yang mampu menghasilkan produk berkualitas. Ini dibuktikan dengan waralaba yang telah berhasil menembus pasar internasional, salah satunya melalui ribuan jaringan retail Indonesia di Filipina.
Baca Juga: Menuju Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Lulusan Universitas