Sentimen
Uraian Singkat tentang Prosedur Pembuatan Surat Resmi
Kumparan.com Jenis Media: News
Kata surat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga makna, yaitu:
Kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya).
Secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan; kartu;
Sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan.
Surat pribadi dapat bersifat resmi dan tidak resmi. Biasanya, surat pribadi yang memiliki tujuan untuk berkomunikasi dengan teman termasuk surat yang tidak resmi sehingga penulis dapat menuliskan isi surat sesuai dengan keinginannya.
Berbeda dengan surat tidak resmi, surat resmi memiliki aturan penulisan. Surat resmi biasanya adalah surat yang memiliki kaitan dengan dengan organisasi, lembaga, pemerintah, atau instansi. Finosa dalam Yustinah dan Ahmad (2008: 93) menjelaskan ada sebelas unsur yang ada dalam surat resmi, yaitu:
Pada artikel kali ini, kita akan menyimak cara pembuatan surat resmi. Tuliskan secara singkat prosedur pembuatan surat resmi!
Tuliskan Secara Singkat Prosedur Pembuatan Surat Resmi!
Prosedur yang dapat dilakukan dalam pembuatan surat resmi, yaitu:
Tentukan tujuan pembuatan surat. Apakah untuk undangan, pemberitahuan, atau keperluan lainnya?
Tentukan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
Cari tahu tentang alamat tujuan (alamat surat) secara jelas.
Buat kerangka surat. Kemudian, rangkai surat tersebut dengan sebelas unsur yang telah kita ketahui. Unsur ke-11 (tembusan) dapat ditiadakan bila memang tidak ada tembusan.
Sentimen: negatif (91.4%)