Cek SLIK Sekarang Bisa Lewat Aplikasi OJK iDebku, Ini Caranya
CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan aplikasi iDebKu, sebuah platform untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kemudahan akses terhadap informasi debitur secara terpadu dan terintegrasi antara Kantor Pusat dan Kantor Regional/Kantor OJK (KR/KOJK) di dalam satu wadah.
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan bahwa Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK. Tujuannnya untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.
SLIK menyimpan informasi debitur atau biasa juga disebut "iDeb" yang berisi riwayat kelancaran kredit dan/atau pembiayaan seorang debitur.
iDeb merupakan salah satu informasi yang penting dalam proses pemberian kredit atau pembiayaan. Data dari iDeb tersebut, dapat digunakan oleh lembaga jasa keuangan bank maupun nonbank dalam mengambil keputusan pada proses pemberian kredit atau pembiayaan kepada debitur.
"Untuk menjawab tingginya permintaan iDeb oleh masyarakat, maka OJK telah mengembangkan aplikasi baru yang dinamakan sebagai iDebKu," kata Dian dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).
Layanan pemberian informasi debitur oleh OJK kepada masyarakat termasuk melalui aplikasi iDebKu ini gratis atau tidak dipungut biaya.
Berikut cara mengakses layanan iDeb secara online:
Buka aplikasi melalui laman web https://idebku.ojk.go.id. Kemudian klik menu "Pendaftaran" pada halaman utama aplikasi iDebKu OJK. Pemohon mengisi data registrasi secara lengkap dan benar. Mengunggah foto diri dengan memperagakan instruksi yang diminta aplikasi Setelah pendaftaran berhasil, pemohon akan menerima email informasi nomor pendaftaran dari OJK Pemohon dapat melakukan pengecekan status permohonan pada menu "Status Layanan" dengan isi nomor pendaftaran. OJK akan memproses permohonan iDeb dan mengirimkan hasil iDeb melalui email pemohon paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftarandilakukan.
Pengembangan aplikasi iDebKu ini sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan (AP SLIK) 2021-2025, dan merupakan bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi (RBSI) tahun 2019-2022 dan juga RBSI tahun 2023-2027.
Sebelumnya, sistem informasi pertukaran informasi debitur dikelola oleh Bank Indonesia (BI) dengan nama Sistem Informasi Debitur (SID) atau dikenal dengan sebutan "BI Checking".
Dengan peralihan kewenangan pengawasan perbankan dari BI kepada OJK, maka SID digantikan dengan SLIK yang dikelola oleh OJK.
Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait iDeb ANda dapat menghubungi kontak OJK melalui telepon di 157, email [email protected], atau WhatsApp 081-157-157-157.
[-]
-
Daftar Pinjol Cepat Cair Resmi OJK 2022, Bukan Abal-Abal(roy/roy)
Sentimen: netral (99.9%)