Sentimen
Negatif (94%)
6 Nov 2022 : 16.00
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Apple, Oppo, Realme, Samsung, Xiaomi , Huawei

Kab/Kota: Tiongkok

IDC: Pengapalan Tablet dan Chromebook pada Q3 2022 Turun

6 Nov 2022 : 23.00 Views 2

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Tekno

IDC: Pengapalan Tablet dan Chromebook pada Q3 2022 Turun

Liputan6.com, Jakarta - Pengapalan tablet global turun 8,8 persen secara tahunan pada kuartal ketiga 2022 (Q3 2022), dengan total 38,6 juta unit, menurut data awal dari International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Personal Computing Device Tracker. Itu adalah penurunan kuartal berturut-turut kelima untuk pasar tablet.

Pengapalan Chromebook juga mengalami kesulitan serupa pada Q3 2022, yang turun menjadi 4,3 juta unit dengan penurunan secara tahunan sebesar 34,4%.

Kedua pasar itu telah bergeser dari industri yang dibatasi oleh pasokan ke industri yang permintaannya tertantang karena belanja konsumen dan pendidikan telah melambat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi.

Top Five Tablet Companies, Worldwide Shipments, Market Share, and Year-Over-Year Growth, Q3 2022 (Preliminary results, combined company view for the current quarter only, shipments in millions)

Company

3Q22 Unit Shipments

3Q22 Market Share

3Q21 Unit Shipments

3Q21 Market Share

Year-Over-Year Growth

1. Apple

14.5

37.5%

14.7

34.6%

-1.1%

2. Samsung

7.1

18.4%

7.4

17.5%

-4.0%

3. Amazon.com

4.3

11.1%

4.7

11.1%

-8.1%

4. Lenovo

2.7

7.0%

4.3

10.1%

-36.6%

5. Huawei

2.4

6.2%

2.3

5.5%

2.0%

Others

7.6

19.7%

9.0

21.2%

-15.3%

Total

38.6

100.0%

42.4

100.0%

-8.8%

Source: IDC Worldwide Quarterly Personal Computing Device Tracker, October 31, 2022

Vendor-vendor asal Tiongkok terpantau mengalami performa baik di pasar negara berkembang di mana ada permintaan untuk segmen low-end. Sanksi dari banyak vendor juga memungkinkan vendor Tiongkok seperti Huawei untuk tampil baik di pasar Rusia

Sementara itu, kemunculan vendor Tiongkok dengan harga murah seperti Realme, Xiaomi, Oppo, dan lainnya, telah memicu persaingan kuat di perangkat kelas bawah. Namun, kenaikan tersebut masih belum bisa mengimbangi penurunan yang dialami oleh vendor tablet utama.

Di tengah dominasi Apple di pasar tablet dunia, pemain-pemain lainnya juga tetap mencari kesempatan meraih pangsa pasar sebesarnya. Mereka umumnya menawarkan produk dengan harga lebih terjangkau, meski tanpa fitur tercanggih. Salah satunya adalah Nok...

Sentimen: negatif (94%)