Sentimen
Positif (50%)
5 Nov 2022 : 11.45
Informasi Tambahan

BUMN: BRI

Tokoh Terkait

Ratusan Tenaga Pemasar Asuransi Dilatih Kelola Risiko Keuangan

5 Nov 2022 : 18.45 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Ratusan Tenaga Pemasar Asuransi Dilatih Kelola Risiko Keuangan

Presidensi Indonesia G20 2022 menyampaikan bahwa Indonesia berada pada titik krusial dalam proses pemulihan ekonomi nasional dan momentum ini perlu dimanfaatkan untuk mencapai target nasional, memprioritaskan pada transformasi ekonomi yang akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih maju termasuk pada industri asuransi.

“Sangat penting bagi seluruh industri asuransi memahami pentingnya mendapat kepercayaan dari masyarakat di masa pemulihan ekonomi nasional ini," ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) sekaligus Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Riswinandi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, di Konferensi 8th International Insurance Seminar yang digelar AAUI yang mengusung tema Capturing Sustainability & Competitiveness: Response to Global Change, CEO BRI Insurance (BRINS), Fankar Umran menyampaikan bahwa angka penetrasi dan densitas asuransi umum masih tergolong rendah.

Data tahun 2021 menunjukkan insurance penetration rate hanya 0,47 persen sedangkan angka densitas asuransi sekitar Rp 1,82 juta.

Hal ini menunjukkan bahwa white space bisnis asuransi umum masih terbuka lebar, suatu peluang pasar yang besar yang perlu mendapatkan perhatian pelaku industri asuransi.

Selain itu, seiring dengan perubahan consumer behavior dan meningkatnya risk awareness pada masyarakat, merupakan potensi untuk memperluas pasar sehingga industri asuransi pun turut berkembang dari waktu ke waktu dan dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Untuk mencapai hal tersebut, Fankar menyampaikan, kolaborasi menjadi kunci utama bagi industri asuransi umum, karena pasarnya sudah terbuka, perusahaan asuransi dituntut untuk melakukan market development.

“Bagaimana kita menjangkau pasar lebih luas. Untuk menjangkau pasar lebih luas pilihan terbaik adalah kolaborasi. Maka saran saya adalah perkuat kolaborasi, baik kolaborasi dalam ekosistem asuransi maupun dengan ekosistem bisnis lainnya. kolaborasi adalah wujud dariberbagi bisnis sekaligus berbagi risiko,” jelasnya.

Sentimen: positif (50%)