Sentimen
Positif (87%)
2 Nov 2022 : 21.21
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Cikarang

Lippo Cikarang Cetak Pendapatan Rp 1 Triliun hingga Kuartal III 2022

3 Nov 2022 : 04.21 Views 3

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi

Lippo Cikarang Cetak Pendapatan Rp 1 Triliun hingga Kuartal III 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Cikarang Tbk mampu membukukan total pendapatan sebesar Rp 1,012 triliun hingga kuartal III 2022. Angka tersebut turun 14 persen jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

CEO dari PT Lippo Cikarang Tbk Rudy Halim menjelaskan, penurunan ini terjadi karena serah terima apartement Orange County pada 2021. "Jika tidak menghitung serah terima apartemen tersebut, total pendapatan naik 29 persen yang didorong oleh pendapatan dari segmen residensial dan industrial," kata dia, Rabu (2/11/2022).

Berdasarkan laporan keuangan tersebut, Rudy Halim, memaparkan, dalam hal kontribusi pendapatan, penjualan dari rumah tapak masih menjadi kontributor utama dengan proporsi 40 persen. Dimana pada tahun lalu pendapatan didominasi oleh apartemen dengan proporsi 39 persen.

Walapun mengalami penurunan dari sisi pendapatan, laba kotor perseroan meningkat sebesar lima persen selama 1 tahun terakhir menjadi Rp 526 miliar karena perubahan bauran pendapatan dimana didominasi oleh pendapatan dari rumah tapak.

Dikatakan, dengan adanya perubahan komposisi penjualan tersebut, tingkat margin laba kotor perseroan dapat meningkat menjadi 52 persen dari 42 persen pada tahun lalu.

Lippo Cikarang juga dapat mengelola beban usaha dengan baik dimana dapat dipertahankan pada nilai yang sama dengan tahun lalu sebesar Rp 202 miliar.

Perseroan juga dengan sukses meningkatkan performa EBITDA dengan menunjukan kenaikan sebesar tujuh persen YoY menjadi Rp 341 miliar. Sejalan dengan kenaikan margin laba kotor, perseroan mencetak margin EBITDA pada level yang lebih tinggi di 34 persen.

Sementara itu, dalam hal pencapaian prapenjualan, perseroan dengan sukses tumbuh sebesar 33 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Marketing sales pada kuartal III adalah sebesar Rp 385 miliar.

Dengan demikian marketing sales telah mencapai Rp 1 triliun selama sembilan bulan pertama tahun 2022 atau sebesar 69 persen dari target.

“Tingkat prapenjualan ini didorong oleh penjualan pada cluster residensial Waterfront Uptown dan lahan industri Delta Silicon 3. Sepanjang 9 bulan pertama, total 806 unit rumah tapak, apartemen, komersial dan lahan industri telah berhasil terjual oleh perseroan” ungkapnya.

 

Trik apa yang bisa dipertimbangkan saat berinvestasi di properti dan daerah mana saja yang pertumbuhannya cukup tinggi?

Sentimen: positif (87.7%)