Sentimen
Informasi Tambahan
Kasus: PHK
Ada Kabar XL Axiata PHK Karyawan, Manajemen: Tidak Benar!
Detik.com Jenis Media: Ekonomi
Tersiar kabar rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) di PT XL Axiata Tbk. XL menegaskan itu berita tidak benar.
Menanggapi hal tersebut Group Head Corporate Communication XL Axiata Retno Wulan mengungkapkan dalam kegiatan operational sehari-hari XL Axiata menerapkan prinsip operational excellence.
Hal ini untuk meningkatkan daya saing perusahaan menghadapi dinamika yang terjadi di Industri. "Sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia," kata dia kepada detikcom, Rabu (2/11/2022).
Retno mengungkapkan saat ini perusahaan berupaya untuk menjadi operator yang terdepan di Indonesia. Memang untuk meningkatkan daya saing, perusahaan kerap kali menemukan tantangan di industri.
"Visi perusahaan menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia," kata dia kepada detikcom, Rabu (2/11/2022).
Menurut Retno, saat ini perusahaan selalu berupaya meningkatkan produktifitas demi menghadapi tantangan tersebut. Dia pun membantah melakukan efisiensi karyawan.
"Untuk issue efisiensi karyawan, saat ini hal tersebut tidak benar," ujarnya.
Sekadar informasi jumlah pelanggan pengguna XL Axiata tercatat 57,23 juta. Jumlah pelanggan prabayar mencapai 55,8 juta.
Per Juli 2022 XL Axiata mencatat terjadinya peningkatan dari sisi trafik sebesar 3.840 Petabyte di akhir Juni 2022. Angka ini naik 30% dibanding tahun lalu pada periode yang sama sebesar 2,9 juta terabyte.
Dari catatan detikcom, XL sudah berkali-kali diterpa isu PHK. Sebelumnya pada awal September 2022 dan pada 2017. Pada 2017 perusahaan menyebut bukan PHK tapi pensiun dini yang ditawarkan kepada karyawan dengan pesangon yang menguntungkan.
Simak Video "Resesi, Berita Besar atau Dibesar-besarkan?"
[-]
(kil/zlf)
Sentimen: netral (88.3%)