Sentimen
Positif (76%)
27 Sep 2024 : 20.15
Informasi Tambahan

Event: CFD

Kab/Kota: Kapuk

Tokoh Terkait

'Dipinang' Aguan, Sarinah Bakal Ada di PIK Akhir Tahun

27 Sep 2024 : 20.15 Views 3

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Jakarta -

PT Sarinah (Persero) menyatakan akan membuka gerai di Batavia Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 pada Desember mendatang. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Ritel PT Sarinah Selfie Dewiyanti.

Mulanya, Selfie menjelaskan Sarinah akan berfokus pada ekspansi bisnis dalam hal pengelolaan ritel dan pengelolaan toko. Dalam pengelolaannya, pihaknya membuka toko di kawasan pariwisata dan transportasi, seperti bandara, serta stasiun kereta api.

Selain itu, dia menyebut saat ini Sarinah telah dilirik oleh perusahaan swasta, salah satunya Agung Sedayu Group. "Jadi Sarinah ini ekspansi Department Store-nya, tokonya, bukan dilirik taksir BUMN lain, bandara, kereta api. Namun, juga perusahaan swasta. Jadi, next-nya kita akan ada Toko Sarinah di Batavia PIK 2 akhir tahun. Kita dilamar oleh Agung Sedayu group. Jadi, ini satu pencapaian yang luar biasa," kata Selfie dalam acara 'Era Baru Pariwisata', di Sarinah, Jakarta Pusat, (27/9/2024).

Lebih lanjut, toko tersebut akan berdiri lahan seluas 300 meter persegi. Dia memperkirakan tingkat produktivitasnya tidak jauh berbeda dengan Departemen Store yang terletak di Thamrin.

"Kita akan buka dengan Agung Sedayu akhir tahun ini. Potensi luas-nya sekitar 300 meter persegi. Kalau productivity-nya harusnya mirip kayak di Thamrin," terangnya.

Dia menekankan pembukaan tersebut bersamaan pembukaan Batavia PIK 2 pada Desember mendatang. Meski begitu, dia enggan berkomentar terkait total pendanaan untuk proyek tersebut.

"(Pendanaan proyeknya?) Kita sendiri ya, kalau angka kita cek lagi, masih diperhitungkan juga. Kalau PIK Batavia kan memang itu dia kaya kompleks ya disana, ada Batavia PIK 1 sudah buka, Batavia PIK 2 di Desember. Kita punya store sendiri di sana," jelasnya.

Okupansi pengunjung

Okupansi pengunjung di Mal Sarinah mencapai 30.000 per hari usai direvitalisasi sejak 2022 lalu. Selfie mengatakan dulu pengunjung yang datang ke mal hanya mencapai 1.000 per hari. Usai direnovasi dengan wajah baru, tingkat keterisian pengunjungnya naik menjadi 30.000 per hari. Bahkan bisa semakin meningkat trafiknya saat ada acara konser musik di Anjungan Sarinah.

"Kalau kita lihat pencapaian terbesar dari traffic pengunjung. Kalau kita melihat traffic pengunjung per hari bisa sampai 30.000, naiknya lebih dari 20%, terutama kalau ada event di anjungan, musik itu traffic-nya luar biasa," kata Selfie.

Selain tingkat okupansi, pengunjung yang datang untuk berbelanja juga meningkat. Alhasil, produk-produk departemen store di Sarinah juga ikut terdampak.

"Pasti indikator traffic yang memang naik signifikan, juga orang yang datang untuk belanja juga naik. Dari tahun lalu naik 2%, ini angkanya besar ya," terangnya.

Selain masyarakat Indonesia yang berkunjung, Selfie juga bilang banyak turis yang datang ke Sarinah untuk menjadikan destinasi wisata. Bulan lalu, pihaknya menerima sebanyak 81 bus yang membawa wisatawan mancanegara, mulai dari Jepang, Korea, hingga India.

"Lebih menyenangkan bukan hanya sebagai tempat belanja, tapi destinasi turis. Banyak sekali turis yang datang. Ada 81 bus bulan lalu, dari Jepang Korea, India. Yang lucu adalah saya pernah ketemu dan melihat Youtuber Korea yang bikin vlog dan car free day (CFD), jajan di CFD," jelasnya.

Berdasarkan catatan detikcom, Gedung Sarinah sudah beroperasi sejak 21 Maret 2022 lalu usai direnovasi besar-besaran. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu diisi oleh 100% brand lokal. Pembukaan kembali Sarinah sekaligus menjadi transformasi dalam hal fisik bangunan dan juga konsep bisnis.

(kil/kil)

Sentimen: positif (76.2%)