Sentimen
Positif (100%)
25 Sep 2024 : 16.07
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Mitsubishi

Tokoh Terkait

Mengenal Mesin Baru 4N16 di Mitsubishi Triton, Apa Spesialnya?

Detik.com Detik.com Jenis Media: Otomotif

25 Sep 2024 : 16.07
Jakarta -

Mitsubishi Triton yang baru saja diluncurkan di Indonesia menggunakan mesin baru berkode 4N16. Apa spesialnya mesin baru ini?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. Mobil niaga ringan yang telah diterima oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun ini hadir dengan mesin, fitur, dan kelengkapan terbaru yang bisa diandalkan untuk aktivitas kerja.

Selain desain baru dan penampang chassis yang 65 persen lebih besar, Mitsubishi Triton dibekali mesin baru. Mitsubishi All-New Triton kini hadir dengan mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro 4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien. Mesin itu memiliki tenaga maksimal 184 PS dan torsi sebesar 430 Nm.

Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin Mitsubishi Triton model sebelumnya yang menggunakan mesin 4N15 dan 4D56. Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi 'santapan' Mitsubishi Triton yakni perkebunan dan tambang.

Berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga yang tertinggi. Meski ditawarkan dengan satu mesin, tenaga dan torsi maksimal yang ada di setiap varian berbeda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan yang sesuai dengan setiap varian.

"Kami menyesuaikan kebutuhan konsumen dan karakteristik bisnisnya masing-masing, terutama yang dilakukan adalah varian HDX dengan power rendah, torsi yang kuat, di mana mereka membutuhkan respons yang cepat dan butuh tenaga lebih besar. Di saat yang sama, kita juga mencoba meningkatkan kemampuan efisiensi mobil ini semakin baik di setiap varian, jadi kami menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dari masing-masing varian tersebut," kata Director of Product Strategy Division PT MMKSI Hikaru Mii.

Mesin 4N16 memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama adalah bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber.

Selanjutnya, mesin 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector. Kemudian, bentuk inlet kini lebih optimal. Lalu, ada penggunaan variable oil control valve. Kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

"Kelebihan dari mobil ini adalah mapping ECU, jadi mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor kita belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 dan berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight, VGT-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga. 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt, kekuatan dari mesinnya supaya nggak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin jadi lebih baik juga. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kita antisipasi injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang," kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.


(rgr/dry)

Sentimen: positif (100%)