Sentimen
Positif (66%)
3 Sep 2024 : 12.06
Informasi Tambahan

Agama: Katolik

Brand/Merek: Toyota

Kab/Kota: Tangerang

Paus Fransiskus Mendarat di Indonesia, Dijemput Innova Zenix Duduk di Depan

3 Sep 2024 : 12.06 Views 3

Detik.com Detik.com Jenis Media: Otomotif

Jakarta -

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Turun dari pesawat ITA Airways, Paus Fransiskus dijemput mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Bukan duduk di kursi baris kedua seperti kebanyakan kalangan VIP, Paus Fransiskus justru duduk di jok depan, di samping sopir yang mengendarai Innova Zenix Hybrid.

Paus Fransiskus di Innova Zenix Duduk di Jok Depan Foto: Youtube Komsos Katedral Jakarta

Mobil yang digunakan Paus Fransiskus itu dilengkapi dengan pelat nomor SCV 1. Kijang Innova Zenix yang dipakai Paus Fransiskus itu berkelir putih dan nampak terpasang bendera merah putih dan bendera katedral.

Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan, mengatakan Paus akan menggunakan kendaraan atau mobil sipil saat kunjungan di Jakarta.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya," kata Jonan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024) dikutip dari detikNews.

Paus Fransiskus (Tangkapan layar Komsos KWI). Foto: Paus Fransiskus (Tangkapan layar Komsos KWI).

Adapun mobil yang digunakan Paus Fransiskus ini tampaknya adalah Toyota Kijang Innova Zenix tipe V Hybrid. Hal itu terlihat dari tampilan eksteriornya, serta terdapat emblem hybrid di pintu depan.

Kijang Innova Zenix hybrid dibekali mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT K120 yang mengadopsi mode Sequential Shiftmatic 10-speed. Mesinnya memiliki tenaga 152 PS pada 6.000 rpm

Mesin dengan kapasitas silinder 1.987 cc itu dipadukan dengan motor listrik 113 PS dan torsi 21 kgm. Perpaduan antara keduanya menghasilkan daya maksimum 186 PS.

Kijang Innova Zenix secara khusus memakai platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan ladder-on-frame. Penggunaan platform baru membuat mobil lebih rigid hingga mengurangi bising di kabin. Bobot mobil kini berkurang hingga 170 kg.


(rgr/din)

Sentimen: positif (66%)