Geber FMC, 750 Ribu Pelanggan Link Net Dialihkan ke XL Axiata
Detik.com Jenis Media: Tekno
Axiata Group Berhad mengumumkan transformasi struktural anak perusahaannya di Indonesia. Sebanyak 750 ribu pelanggan Link Net alihkan menjadi pelanggan XL Axiata.
Dalam kesepakatan ini pula akan dibangun jaringan baru dua juta home passed yang dikerjakan Link Net yang nantinya dimanfaatkan oleh XL Axiata untuk menyediakan layanan fixed broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) yang penetrasinya masih rendah saat ini.
Setelah menyelesaikan tambahan dua juta home passed tersebut, Link Net akan memiliki ketersediaan hingga 6,5 juta home passed dalam dua tahun ke depan sehingga menjadikannya sebagai FibreCo terdepan.
XL Axiata dan Link Net akan melanjutkan dengan melakukan perjanjian mengikat yang nantinya akan dilakukan dengan tetap mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku termasuk di antaranya aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan transaksi afiliasi dan transaksi material.
"Peningkatan permintaan yang besar untuk layanan FBB dan FMC sangat menegaskan arah strategis kami. Kami percaya kolaborasi antara XL Axiata dan Link Net akan memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan mendorong percepatan pertumbuhan layanan FBB dan FMC di Indonesia," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam siaran persnya, Senin (11/12/2023).
"Dengan memperluas infrastruktur jaringan dan layanan, kami akan lebih efektif menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas, memenuhi kebutuhan dan preferensi konvergensi mereka yang terus berkembang untuk berbagai layanan fixed, mobile, dan konten," ucapnya menambahkan.
Dian menambahkan, pengalihan basis pelanggan Link Net, yang terdiri dari sekitar 750 ribu pelanggan ke XL Axiata menjadi tonggak penting bagi operator seluler ini, karena akan memperluas basis pelanggannya untuk FBB dan layanan home entertainment.
XL Axiata mengklaim menjadi penyedia FBB terbesar kedua di Indonesia dengan satu juta pelanggan. Sejalan dengan strategi konvergensi perusahaan, transisi ini memungkinkan XL Axiata untuk menawarkan kepada pelanggan baru berbagai produk dan layanan yang didukung oleh infrastruktur jaringan berkualitas tinggi yang terus berkembang semakin luas, sehingga bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
"Selain itu, kami juga terus mengeksplorasi upaya membangun sendiri last-mile fiber home passed sehingga bisa meningkatkan utilisasi asset yang lebih baik selaras dengan strategi Light Asset," kata Dian.
(agt/rns)
Sentimen: positif (100%)