Sentimen
Negatif (98%)
14 Agu 2024 : 22.58
Tokoh Terkait

Penumpang kereta api di Divisi Regional II Sumatera Barat tumbuh positif

15 Agu 2024 : 05.58 Views 2

Elshinta.com Elshinta.com Jenis Media: Ekonomi

Sumber foto: Musthofa/elshinta.com. Penumpang kereta api di Divisi Regional II Sumatera Barat tumbuh positif Dalam Negeri    Sigit Kurniawan    Rabu, 14 Agustus 2024 - 21:10 WIB

Elshinta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional ( Divre) II Sumatera Barat (Sunbae) mencatat angkutan penumpang kereta api di wilayah Sumbar periode Januari sampai Juli 2024 meningkat 9 persen dibanding periode yang sama tahun 2023.

Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, M. As’ad Habibuddin mengatakan, layanan penumpang kereta api Januari-Juli 2024 sebanyak 1.065.521 penumpang sedangkan periode yang sama tahun 2023 yakni 975.886 penumpang. 

Kereta Api angkutan yang paling banyak melayani penumpang yaitu KA Pariaman Ekspres (Pauhlima – Padang – Naras pp) sebanyak 824.860 penumpang. Terbanyak kedua, KA Minangkabau Ekspres trayek (Pulau Air – Padang – BIM pp) sebanyak 171.317 penumpang. Kemudian, KA Lembah Anai (Kayu Tanam – BIM pp) sebanyak 69.344 penumpang.

"Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan dari instansi sekolah. Di samping itu, minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah," kata As'ad Selasa (13/8). 

Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun BIM, dan Stasiun Naras.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun Januari s.d Juli 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,8%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 99,4%. Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada Januari s.d Juli 2024 mencapai 99,4%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 98,9%.

Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh penumpang.

"Mengingat tiket terbatas, PT KAI menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI," sebut As'ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Rabu (14/8). 

Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, dengan catatan jika tiket masih tersedia.

Lebih lanjut As'ad menjelaskan, kinerja positif angkutan penumpang juga diikuti layanan kereta api untuk angkutan barang. Layanan kereta api untuk angkutan barang pada periode Januari s.d Juli 2024, KAI Divre II Sumbar mengangkut     1.171.090 ton barang. Kondisi tersebut meningkat 11% dibanding periode yang sama tahun 2023 sebanyak 1.052.570 ton barang.

"Pertumbuhan angkutan barang tersebut ditopang oleh adanya penambahan frekuensi perjalanan dan rute, serta penambahan gerbong dalam satu rangkaiannya. Hal ini sebagai dampak terus meningkatnya permintaan pelanggan atas angkutan barang menggunakan kereta api," ujarnya. 

Saat ini, KAI Divre II Sumbar melayani komoditas semen curah dan klinker, dengan total angkutan masing-masing 769.140 ton dan 401.950 ton dalam kurun Januari s.d Juli 2024.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api barang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun Januari s.d Juli 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api barang mencapai 85,3%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 78,3%. Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api barang pada Januari s.d Juli 2024 mencapai 85,2%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 78,1%.

Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional.

M. As’ad Habibuddin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan. 

Sumber : Radio Elshinta

Sentimen: negatif (98.5%)