Windows Gangguan, Tiket Boarding Pass di Bandara Lampung Ditulis Tangan Regional 19 Juli 2024
20 Jul 2024 : 05.44
Views 2
Kompas.com Jenis Media: Regional
Windows Gangguan, Tiket Boarding Pass di Bandara Lampung Ditulis Tangan
Tim Redaksi
LAMPUNG, KOMPAS.com
- Dua maskapai di Bandara Radin Inten II Lampung terpaksa menulis tangan tiket
boarding pass
karena sistem komputerisasi mengalami gangguan.
Asisten Manager of Airport Operation and Service Bandara Radin Inten II Lampung, Latif Nur Sasongko mengatakan, gangguan sistem IT terjadi pada Jumat (19/7/2024).
"Benar, ada dua maskapai yang mengalami gangguan IT, yaitu Citilink dan AirAsia," kata Latif saat ditelepon, Jumat malam.
Dia mengatakan, gangguan sistem IT ini tidak hanya terjadi di Bandara Radin Inten II saja, tapi juga terjadi di seluruh dunia yang menggunakan operating system (OS) Microsoft.
Diketahui, Microsoft mengalami eror berupa blue screen of death (BSOD). Eror BSOD ini berupa tampilan sistem Windows dengan latar belakang biru dan keterangan teks yang menunjukkan gangguan.
Latif mengatakan, dari pantauan di bandara, eror ini membuat layanan
check in
penumpang dan bagasi terganggu.
"Ya, ada antrean tadi, tetapi tidak terlalu signifikan," katanya.
Untuk mengatasi masalah ini, kedua maskapai itu melakukan proses
check in
secara manual yakni dengan cara ditulis tangan oleh petugas.
Selain itu, agar antrean tidak terlalu panjang, konter
check in
ditambah.
"Mereka (maskapai) sudah mempersiapkan lembar
boarding pass
manual, tapi karena harus ditulis tangan, ya tentu memakan waktu," katanya.
"Mudah-mudahan besok sudah normal, tapi malam ini kita terus pantau," katanya.
Copyright 2008 - 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Sentimen: negatif (91.4%)