Sentimen
Positif (100%)
13 Okt 2024 : 09.02
Informasi Tambahan

BUMN: PT Pertamina, Pegadaian, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Pupuk Indonesia, Peruri

Kab/Kota: Semarang, Yogyakarta

Sederhanakan Proses Pengadaan di Indonesia, Sucofindo Raih Penghargaan PaDi UMKM

13 Okt 2024 : 16.02 Views 3

Harianjogja.com Harianjogja.com Jenis Media: News

Sederhanakan Proses Pengadaan di Indonesia, Sucofindo Raih Penghargaan PaDi UMKM

Harianjogja.com, SEMARANG—PT Sucofindo Cabang Semarang menerima penghargaan BUMN Tipe C atas pencapaian nilai pengadaan terbesar ketiga di Padi UMKM untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Penghargaan berikan oleh Maneger Government Service Witel (Wilayah Telkom Semarang) Hidayat kepada Edi Laksono selaku Kepala Bidang Penjualan dan Operasi PT Sucofindo Cabang Semarang yang diberikan oleh Tri Haryadi, Kepala SBU KSP PT Sucofindo.

BACA JUGA: Transaksi Manunggal Fair 2024 Tembus Rp7,5 Miliar

Di BUMN Tipe A Pertamina menempati perigkat pertama dengan belanja mencapai Rp27,9 Miliar, PT Telkom di peringkat ketiga sebesar Rp6,79 Miliar dan peringkat ketiga Pupuk Indonesia sebesar RpRp6,21 Miliar. Di BUMN Tipe B ada ASDP sebesar Rp3,98 miliar, Pegadaian Rp3,38 miliar dan PNM sebesar Rp3,05 miliar. Sedangkan di BUMN Tipe C ada Jasa Tirta II sebesar Rp203,9 Juta, Peruri Rp144 Juta dan Sucofindo Rp95,36 juta.

"Pengakuan ini menandai tonggak penting tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi upaya yang sedang berlangsung untuk merampingkan proses pengadaan di Indonesia," kata Hidayat, dikutip Kamis (10/10/2024).

Hidayat menilai penghargaan untuk nilai pengadaan terbesar tidak hanya menunjukkan komitmen PT Sucofindo dalam menjalankan Aplikasi Padi UMKM tetapi juga mencerminkan proses pengadaan yang bertanggung jawab, berkualitas, dan keterlibatan dengan pemasok lokal. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM).

Hidayat menambahkan seiring dengan terus berkembangnya pengadaan barang dan jasa di sektor publik, pelajaran yang dipetik dari pendekatan inovatif Padi UMKM dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain yang ingin meningkatkan strategi pengadaan mereka.

BACA JUGA: Ratusan Produk UKM Kulonprogo Kini Masuk Aplikasi SiBakul

"Pencapaian ini menggarisbawahi tujuan kolektif, yaitu mewujudkan transparansi, efisiensi, dan keberlanjutan dalam pengadaan untuk mendorong ketahanan ekonomi jangka panjang," tandasnya

Sebagaimana diketahui Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) merupakan marketplace hasil inisiasi Kementerian BUMN dan Kementerian UMKM, serta LKPP yang resmi diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2020 dengan tujuan untuk memudahkan akses UMKM Indonesia ke pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya BUMN.

Melansir laman PaDi UMKM, saat ini PaDi UMKM telah memiliki 8 kategori produk dan jasa utama yang penting untuk diketahui oleh para calon PaDi UMKM seller sebelum mendaftar, antara lain Catering dan makanan ringan, Jasa periklanan, Jasa ekspedisi dan pengepakan, Pengadaan barang dan jasa material konstruksi, Sewa dan pengadaan perlengkapan furniture, Jasa perawatan peralatan dan mesin, Jasa konstruksi dan renovasi, Sewa dan pengadaaan peralatan mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Sentimen: positif (100%)