Sentimen
Positif (99%)
18 Jul 2024 : 20.56
Tokoh Terkait

Melalui Impact Day 2024, UM Indonesia Kampanyekan Inklusi untuk Semua

18 Jul 2024 : 20.56 Views 3

Antvklik.com Antvklik.com Jenis Media: News

Melalui Impact Day 2024, UM Indonesia Kampanyekan Inklusi untuk Semua

Antv – UM, agensi media global dalam jaringan IPG Mediabrands, sukses menggelar acara tahunan Impact Day pada 18 Juli 2024, bekerja sama dengan Sekolah Mandiga, yang mengkhususkan diri dalam pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, dan Yayasan Autisma Indonesia (YAI).

Acara tahun ini bertepatan dengan Hari Anak Nasional dan difokuskan untuk meningkatkan kesadaran tentang autisme, menghilangkan kesalahpahaman, serta membangun masyarakat yang lebih inklusif.

UM Indonesia meyakini bahwa setiap anak layak mendapatkan kesempatan yang sama, tanpa memandang latar belakang. 

Program Impact Day mencakup dua elemen kunci:

1. Sesi Pelatihan/Coaching Interaktif

Dipandu oleh Hariyani Rotty dari Yayasan Autisma Indonesia (YAI), sesi ini memberikan pengetahuan mendalam kepada tim UM tentang spektrum autisme, tips praktis untuk berinteraksi dengan anak-anak autistik dalam situasi sehari-hari, serta mempromosikan inklusivitas di tempat kerja maupun di luar.

2. Pengalaman Langsung

14 siswa dari Sekolah Mandiga berkeliling Jakarta menggunakan transportasi umum, dipandu oleh anggota tim UM. Meskipun terlihat rutin bagi kita, bagi individu dengan autisme tersebut, menavigasi keramaian, bertemu orang asing, dan berada di lingkungan baru merupakan tantangan besar. Melalui pengalaman ini, tim UM memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang tantangan yang dihadapi oleh individu dengan autisme dan mengadvokasi hak mereka untuk mendapatkan perawatan dan pendidikan yang tepat.

“Kami sebagai orang tua dari anak autisme berharap masyarakat melihat sisi lain dari spectrum autism, karena selama ini stereotipenya kan tidak bisa bicara, bodoh, aneh padahal kalau dilihat lebih baik, sebenarnya di antara mereka itu ada yang mampu melukis lebih baik, bisa olahraga lebih baik, bisa bekerja di perusahaan walau dengan bantuan. Kami ingin tekankan lagi dan advokasi lebih kuat lagi sehingga masyarakat bisa mengurangi stigma yang salah itu dan berharap perusahaan juga bisa memperkerjakan anak-anak dengan autism, walau pastinya perlu ada supervisi dan penyesuaian-penyesuaian lingkungan supaya mereka bisa bekerja secara optimal, “ ujar Dr. Adriana S. Ginanjar, M.S., Psikolog selaku Ketua Yayasan Autisma Indonesia.

"Di UM Indonesia, kami meyakini untuk membentuk dunia yang lebih baik di mana setiap individu, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus seperti autisme, dapat berkembang dan berkontribusi," kata Atiek Sudirman, Managing Director UM Indonesia. 

"Autisme adalah kondisi yang kompleks, dan banyak orang kurang memahami spektrumnya yang beragam. Dengan berkolaborasi dengan Sekolah Mandiga dan YAI, kami berharap dapat memperoleh informasi yang berharga, menghilangkan jarak maupun hambatan dan menginspirasi orang lain untuk mendukung individu dengan autisme. Inisiatif kami pada Impact Day adalah langkah kecil menuju pembangunan masyarakat yang lebih inklusif, di mana pemahaman dan dukungan untuk autisme adalah hal yang integral," pungkasnya.

um impact day. (Foto: Istimewa)

Melalui Impact Day 2024, UM Indonesia menekankan komitmen berkelanjutan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan misinya untuk menciptakan perubahan positif dalam komunitas. Dengan meningkatkan kesadaran tentang autisme dan mempromosikan inklusi, UM Indonesia menjadi contoh kepemimpinan perusahaan dalam inisiatif dampak sosial.

Sentimen: positif (99.6%)